P. Raya

Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng Hadiri Rakor Kesiapsiagaan Personil, Sarpras Hadapi Karhutla 2023

PALANGKA RAYA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Falery Tuwan berserta jajarannya mengikuti Rapat Koordinasi dan Silahturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) serta Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Prov. Kalteng.

Usai mengikuti Rakor Falery Tuwan menyampaikan, bahwa berdasarkan peringatan dini yang disampaikan BMKG Stasiun Meteorologi Cilik Riwut bahwa kemarau tahun 2023 ini lebih kering dari 3 tahun sebelum. Bahwa La Nina sudah berakhir diperkirakan bulan Maret 2023 ini dan antara bulan Mei sampai Juni dan September 2023 akan datang musim kering atau El Nino.

Ia menjelaskan, kesiapsiagaan SDM/personil dan peralatan/sarana prasarana penanganan karhutla harus dalam keadaan siap pakai. Ia memastikan agar anggaran untuk penanganan karhutla tersedia secara memadai, baik anggaran rutin maupun Belanja Tidak Terduga serta sudah membentuk Satgas Pengendali Karhutla sampai tingkat Kelurahan/Desa. Satgas Karhutla bukan hanya dibentuk ketika ada status keadaan darurat tetapi dibentuk sejak awal tahun untuk memastikan pengendalian karhutla dilakukan secara terintegrasi sejak tahap pencegahan, tahap pemadaman dan tahap pasca kebakaran.

Segera menetapkan status siaga darurat karhutla untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan menghadapi Karhutla tahun 2023. Sebagai kesiapan daerah menghadapi kemarau tersebut semua unsur terkait digerakkan mulai dari Kementerian/Lembaga, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala Daerah, Pangdam/Danrem, Kapolda dan stakeholder/perusahaan serta masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bahu membahu dalam upaya untuk menanggulangi Karhutla.

“Selain itu ada agenda nasional yaitu pelaksanaan KTT Asean yang rencananya dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Labuan Bajo. Kalteng jangan sampai menyumbang asap akibat Karhutla yang dapat menyebabkan, salah satunya gangguan aktivitas transportasi. Bila ada peningkatan kemarau, Kabupaten/Kota harus segera antisipasi dan segera menetapkan status siaga. Kesiapsiagaan SDM/personil dan peralatan/sarana prasarana penanganan karhutla mengambarkan kesiapan menghadapi Karhutla tahun 2023  tentunya akan lebih siap didukung sinergisitas dan kolaborasi dengan masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla lebih kuat,“ tandasnya pada Kamis 30 Maret 2023.

Turut hadir unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati dan Wali Kota serta segenap tokoh Masyarakat / Adat / Agama / Pemuda, Akademisi, Perbankan, BEM dan media.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments