P. Raya

Kesejahteraan Sosial Menuju Masa Tua Hidup Sehat Dan Bahagia

PALANGKA RAYA - Biro kesejahteraan Rakyat sekretariat Daerah Provinsi Kalteng gelar Kegiatan Fasilitasi dan Monitoring Bidang Sosial Provinsi  Kalteng Tahun 2023,  Bidang Sosial di Aula Hotel Nascar Family Palangka Raya, Provinsi Kalteng,  Kamis (14/9/2023).

Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng  (Setda Provinsi Kalteng) Sri Suwanto mewakili Gubernur Kalteng membuka secara resmi kegiatan. Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar terciptanya suatu kesatuan pemahaman dan terintegrasinya program-program Kesejahteraan Sosial terwujudnya Lansia Bahagia di Provindi Kalteng BERKAH (Bermartabak, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

Asisten Adum Sri Suwanto menyampaikan penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga Negara yang meliputi Rehabilitasi Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan Sosial dan Perlindungan Sosial. 

"Adapun Program Pemerintah dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial antara lain program Bansos untuk rakyat mencakup Program Indonesia Pintar (PIP), program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Rastra/ Bantuan Pangan Non Tunai, Ucap Sri."

“Perluasan Program Bantuan Sosial merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan. Untuk itu sangatlah penting adanya upaya-upaya terpadu dan terkoordinasinya para pemangku kepentingan atau stakeholders secara berjenjang dalam menunjang berbagai kebijakan dan program kerja  pemerintah, yang perlu adanya dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” jelas Sri.

Sesuai Tema yang diusung Program Kesejahteraan Sosial Wujudkan Lansia Bahagia untuk Kalteng Berkah. Usia lanjut merupakan karunia dan berkah dari Allah SWT Tuhan yang Maha Esa kepada hambaNYA yang harus disyukuri karena lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diharapkan dengan adanya program kesejahteraan sosial para Lanjut Usia senantiasa dalam keadaan sehat walafiat penuh dengan semangat pengabdian untuk memberikan sumbangsihnya kepada Negara dan Bangsa.

Kegiatan di hadiri oleh Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng Ahmad Pahruka, Kepala Badan/Dinas/Unit Satuan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng atau yang mewakili, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kabupaten/Kota Se- Kalteng atau yang mewakili, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten/Kota Se- Kalteng serta Narasumber dan Para Peserta.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments