P. Raya

Ketua Komisi II DPRD Kalteng Soroti Kasus Aparat Tembak Warga di PT SCC

PALANGKA RAYA - Kematian salah satu warga Desa Rubung Buyung, Kabupaten Kotim yang ditembak oleh aparat kepolisian yang mengamankan wilayah perkebunan sawit PT Sinar Citra Cemerlang (SCC), beberapa waktu lalu menarik perhatian publik.

Ketua Komisi II DPRD Kalteng Achmad Rasyid turut menyoroti kasus aparat tembak warga di PT SCC tersebut. Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang beredar warga yang di tembak itu diduga mencuri sawit di wilayah lahan PT SCC.

"Dalam situasi tertentu tindakan aparat memang diperlukan, akan tapi tidak harus dengan arogan langsung menghilangkan nyawa seseorang, mestinya perlu mengedepankan asas kemanusiaan terlebih dahulu," ucapnya, Senin, 8 Juli 2024.

Dirinya menjelaskan, aparat keamanan bisa mengambil keputusan apabila dalam kondisi terdesak, dan hal itu pun perlu melihat situasi jika memang pelaku menyerang dan membahayakan nyawa baru dilakukan tindakan tegas dengan cara ditembak.

Ia menyebut, dari kasus ini aparat keamanan terlebih itu petugas kepolisian harus dapat sadar akan pentingnya tindakan yang dilakukan perlu mengedepankan profesionalitas dan menghargai asas kemanusiaan tanpa harus menghilangkan nyawa seseorang.

Di sisi lain, ia pun meminta agar kasus tersebut diusut secara tuntas dan harus dibuktikan apakah benar warga yang ditembak hingga meninggal dunia itu pencuri atau bukan, dan oknum aparat yang melakukan penembakan itu juga pelu dimintai keterangan yang jelas.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments