P. Raya

K.H Ma’ruf Amin: Wujudkan SDM Berkualitas, Perlu Sinergi Pemerintah Pusat, Daerah Dan Kementerian

Tasikmalaya - “Guna mewujudkan tenaga kerja yang andal, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, diperlukan keterlibatan pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, perguruan tinggi dan lembaga riset, organisasi kemasyarakatan, termasuk lembaga keagamaan seperti pondok pesantren yang tersebar di berbagai pelosok daerah,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Kemarin.

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi program prioritas pemerintah, karena SDM yang berkualitas kunci untuk memenangkan persaingan global. Namun, pemerintah tidak dapat melaksanakan sendiri program tersebut. Untuk itu, diperlukan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan kementerian/lembaga (K/L).

Wapres yang pada kesempatan tersebut juga membuka Rembug Nasional Vokasi dan Kewirausahaan serta meresmikan Penggunaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2020 Se-Indonesia, mengapresiasi Kementerian Ketenagakerjaan yang sejak tahun 2017 telah bekerja keras mengembangkan BLK Komunitas melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman.

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, BLK Komunitas perlu melibatkan beragam komunitas lainnya seperti serikat pekerja/serikat buruh atau organisasi kemasyarakatan, serta kalangan akademisi dan industri agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, guna mengantisipasi perkembangan dunia industri.

“Seperti diketahui, disrupsi akibat pandemi Covid-19 dan teknologi digital telah menghilangkan beragam profesi pekerjaan yang sebelumnya biasa dilakukan oleh manusia, kini digantikan oleh kecerdasan buatan. Langkah dan kebijakan pengembangan BLK Komunitas ini tentu saja perlu disesuaikan pula atau bersifat link and match dengan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas,” tuturnya.

 


(InfoKabinet/Tinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments