P. Raya

Legislator Kalteng Dukung Food Estate dan IKN 

PALANGKA RAYA - Program Ketahanan Pangan di Food Estate di Kalteng dan pembangunan Ibukota Negara Baru (IKN) di Kaltim diharapkan juga berdampak positif bagi masyarakat lokal.

Berkaitan dengan itu, jajaran legislator DPRD Kalteng, khususnya Komisi IV akan menyambangi Kementrian PUPR RI serta mengusulkan agar masyarakat di libatkan dalam berbagai kegiatan tersebut.

"Kami akan memperjuangkan agar pembangunan jalan dan jembatan yang lebih mantap dari IKN ke Kalteng bisa cepat dilakukan. Demikian juga  pelibatan masyarakat lokal dalam program Food Estate di Kalteng," kata HM Sriosako, Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, di ruang komisi IV gedung DPRD setempat.

Legislator Putra Katingan ini mengatakan  diharapkan adanya pembangunan jalan Tol dari Kaltim hingga ke Muara Teweh Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Demikian juga dalam program food estate diusulkan adanya bantuan alat pertanian, khususnya juga bagi peladang lokal.

"Kami sangat mendukung food astate. Diharapkan peningkatan pelabuhan dan jalan terus di tingkatkan. Demikian juga akan adanya bantuan alsintan bagi peladang,"katanya.

Wakil rakyat asal pemilihan Kalteng I Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas mengatakan bahwa generasi muda, juga perlu di tingkatkan kemampuan mereka melalui adanya pelatihan kerja.

"Perlu adanya penguatan balai latihan kerja (BLK), guna meningkatkan kemampuan generasi muda sehingga bisa terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan,"kata Sako yang juga Suami Wakil Wali kota Palangka Raya ini.

Ia berharap program pemerintah pusat juga mendorong pembangunan di Kalteng sebagai daerah penyangga IKN kedepan.

"Rabu nanti kami akan ke  pusat, dalam rangka mendorong peningkatan berbagai sektor, baik infrastruktur darat dan laut, serta tenaga kerja dalam food estate dan IKN," tutupnya.


(Hendra)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments