P. Raya

Leonard S. Ampung Hadiri Seminar Nasional Ketahanan Pangan

PALANGKA RAYA – Dalam rangka Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung membuka Seminar Nasional Ketahanan Pangan, bertempat di Aula Rahan Universitas Palangka Raya.

Sekda Prov. Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Ekbang Leonard S. Ampung saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kontribusi semua pihak dalam pengendalian inflasi di Kalimantan Tengah, sehingga inflasi Kalteng masih terjaga rendah dan perlahan terus menurun kembali kepada kisaran sasaran inflasi Nasional 3% ± 1%.

Lebih lanjut ia menyebutkan, sebagai Provinsi di Indonesia dengan lahan terluas sebesar 157.983 km², Kalimantan Tengah memiliki potensi lahan produktif yang diharapkan dapat dikembangkan untuk kebutuhan pangan.

Menurutnya, berbagai tantangan dalam pengembangan sektor pertanian khususnya untuk tanaman pangan dan hortikultura di Kalteng dan Kalimantan, perlu menjadi perhatian bersama tidak hanya pada level Provinsi tapi juga secara Nasional. Mengingat lahan Kalteng dan Kalimantan pada umumnya berupa Gambut yang merupakan lahan marginal untuk pertanian, karena kesuburannya yang rendah dan pH masam.

Sementara itu Deputi Perwakilan BI Kalteng Magfur dalam laporannya memaparkan, kegiatan seminar nasional ini merupakan rangkaian acara besar yang akan dihelat pada minggu kedua bulan Juli 2023 yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI).

Dalam paparannya Magfur menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan I tahun 2023 sebesar 3,22%, relatif melambat dibandingkan triwulan IV tahun 2022, dan sebagian besar pertumbuhan ekonomi Kalteng masih didorong oleh sektor pertanian, dalam hal ini adalah produksi CPO kelapa sawit perkebunan, dan dari subsektor tanaman pangan Kalteng menyumbang 10%.

Pada seminar nasional ini turut dihadiri oleh Rektor UPR Salampak, Ketua TPID Kabupaten/Kota se Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah terkait, dengan narasumber adalah Dirut Distribusi dan Cadangan Pangan Rani Wiriani,  Analisi Kebijakan Kemenag Hendro Gunawan, Dosen Pertanian IPB Basuki Sumawinata, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Sunarti.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments