Kapuas

Lomba Lawang Sakepeng Meriahkan Festival Seni Budaya Di Kabupaten Kapuas

KAPUAS  - Lomba lawang sakepeng kembali meriahkan festival seni budaya tinggang menteng panunjung tarung di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tahun 2022. Lawang sakepeng sendiri merupakan salah satu jenis seni bela diri tradisional kalimantan tengah.

Dalam festival seni budaya tingang menteng panunjung tarung tahun ini di kabupaten kapuas, lomba lawang sakepeng dipusatkan di stadion panunjung tarung jalan maluku kuala kapuas pada senin 14 Maret 2022. Lomba lawang sakepeng tersebut diikuti sebanyak 26 group putra dan 6 group putri dari 13 kecamatan di kabupaten kapuas.

Salah satu peserta lomba lawang sakepeng yakni putri dan bela mengaku senang mengikuti lomba ini, meskipun pada saat berlaga pihaknya merasa grogi karena baru kali ini mengikuti lomba lawang sakepeng dalam festival seni dan budaya tinggang menteng panunjung tarung.

Putri dan bella pun berharap dalam lomba lawang sakepeng ini mereka bisa menjadi juara dan bisa lebih baik lagi kedepannya dalam mengikuti lomba lawang sakepeng.

Sementara itu kepala dinas kebudayaan pemuda dan olahraga Kabupaten Kapuas, Haji suparman menjelaskan, lawang sakepeng adalah merupakan salah satu kesenian budaya suku dayak ngaju.lawang sakepeng biasanya sering digunakan untuk menyambut tamu, pernikahan dan upacara ritual adat lainnya.

Menurut suparman dilaksanakannya lomba lawang sakepeng dalam festival seni dan budaya tingang menteng panunjung tarung, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah kapuas untuk melestarikan nilai-nilai budaya kepada generasi bangsa.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments