Nasional

Memasukkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perda ADEKSI Lakukan Audiensi Dengan BPIP

Jakarta - Pentingnya Nilai-nilai Pancasila untuk masuk dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) menyelenggaranakn audiensi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada senin (18/10/2022).  Acara yang dipandu oleh Elfrida Herawati Siregar, S.P,M.M., dan dibuka oleh Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan, Ir.Prakoso, M.M.,. dihadiri oleh Sigit Karyawan Yunianto SH., M.AP (Ketua Umum ADEKSI/Ketua DPRD Kota Palangkaraya); H. Didi Sumardi, S.H (Sekretaris Jenderal ADEKSI/Ketua DPRD Kota Mataram); Faisal (Wakil Direktur Sekretariat Nasional ADEKSI); Arief Ariyanto (Advokasi Sekretariat Nasional ADEKSI) beserta jajaran. Sedangkan dari BPIP di hadiri oleh Elfrida Herawati Siregar, SP.,MM, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP, Ir. Hartri Sirait, M.Si;  Sadono Sriharjo, S.T., M.M., Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan; Koordinator Fungsi Humas dan Orsospol beserta Jajaran Direktorat Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama.

Dari audiensi ini dihasilkan beberapa point kesepakatan,  diantaranya dalam pembentukan Peraturan Daerah DPRD dapat memasukkan nilai-nilai Pancasil seperti toleransi, musyawarah mufakat, Bhinneka Tunggal Ika dan lain-lain. ADEKSI melalui forum audiensi ini berharap dapat menjalin dan membangun kerjasama dengan BPIP agar setiap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota dapat memperoleh dan melaksanakan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang baik dan tepat secara bertahap dan berkelanjutan.

“saya berharap roh Pancasila dapat masuk menjadi sebuah landasan dalam pembuatan Perda di seluruh Indonesia, agar pemerataan kesejahteraan rakyat dapat tercipta, mengingat 5 sila di dalam Pancasila sudah menjadi filosofi kehidupan berbangsa dan bernegara, menghilangkan sikap kapitalis dan monopoli ekonomi hanya untuk golongan tertentu saja, namun semata-mata untuk rakyat Indonesia." ungkap Sigit K Yunianto, Ketua Umum ADEKSI.

Selanjutnya ADEKSI berharap sebagai tindak lanjut pertemuan ini dapat dituangkan di dalam MoU. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan, materi pembelajaran maupun narasumber, ADEKSI berharap bisa difasilitasi segera waktu pembahasannya antara unit terkait dengan sekretariat nasional (seknas) ADEKSI.

Diakhir, Ketua ADEKSI Sigit Yunianto menyampaikan ketertarikan ADEKSI untuk dapat mengusulkan program pembentukan kader Pancasila kepada Gubernur Kalimantan Tengah.

Hal lain yang disepakati melalui forum audiensi ini yaitu BPIP akan mengundang pimpinan dari DPRD Kota untuk menghadiri deklarasi pembentukan Jejaring Panca Mandala dan tanda tangan MoU dengan DPRD Kota.

Untuk itu perlu didiskusikan bentuk kerjasama dengan ADEKSI, khususnya terkait dengan pelaksanaan pelatihan Pancasila untuk DPRD Kota seluruh Indonesia sebanyak 3315 orang.

Masih dalam lingkup momen audiensi itu pula, H. Didi Sumardi, S.H, Sekretaris Jenderal ADEKSI menyampaikan harapan agar BPIP dapat memperkuat perannya dalam Perumusan dan Penyampaian Rekomendasi Kebijakan atau Regulasi yang Bertentangan dengan Pancasila. Selain itu, kedepan diharapkan arahan Pembinaan Ideologi Pancasila dari BPIP untuk dapat disampaikan ke daerah agar dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas fungsi DPRD Kota yang searah dengan tugas fungsi BPIP dalam pembumian Pancasila.

(Samhadi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments