Nasional

Mentan SYL Inspeksi Kedatangan Kapal Ternak di Pelabuhan Tanjung Priok

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau sering disapa SYL mengawal langsung kedatangan kapal ternak yang membawa sapi potong untuk kebutuhan kurban di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jum’at, 10 Juni 2022.

Sebanyak 550 ekor sapi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) diangkut melalui tol laut untuk kebutuhan kurban di Pulau Jawa khususnya JABODETABEK.

Pengiriman hewan ternak ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha.

Hewan ternak yang dikirim sudah mendapat tindakan karantina guna memastikan sapi, yang merupakan salah satu Hewan Rentan PMK (HRP) ini sehat, aman dan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Selain itu telah memiliki Sertifikat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh Dinas Peternakan daerah serta Sertifikat Kesehatan Hewan dari Karantina Pertanian di tempat asal agar dipastikan benar-benar sehat dan bebas dari PMK.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, usai sidak dihadapan awak media mengatakan, Protap sebelum hewan ternak dikirim ke daerah lain hewan ternak tersebut di karantina 14 hari dibawah pengendalian pengawasan daerah, pengendalian dan pengawasan karantina kita secara berjenjang dan ada gugus tugas di sana serta ada crisis center di Provinsi dan Kabupaten.

Virus PMK ini sangat serius ditangani Pemerintah, karena PMK ini virus bersifat airbon dan bisa menular ke udara dalam jaraknya sangat panjang.

Turut hadir mendampingi Mentan SYL yaitu,Bambang (Kepala Badan Karantina Pertanian), Ali Jamil (Dirjen PSP Kementan), Hasrul (Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok) serta dihadiri pula pejabat terkait lainnya.

(Noris, Renny Veneno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments