Barut

Musyawarah  Adat Dayak Melahirkan Kepemimpinan

MUARA TEWEH - Musyawarah Dewan Adat Dayak Kabupaten Barito Utara, untuk memilih pemimpin atau kepengurusan yang baru, Sabtu ( 18/3/2023).

Ketua pelaksana Ali Wardana mengatakan, kegiatan dilaksanakan atas keputusan DAD Kalimantan Tengah dan rapat bersama di kabupaten Barito utara, agar kegiatan musyawarah segera dilakukan tahun 2023.

Peserta yang hadir pengurusan DAD se Kalimantan tengah dan sembilan Kecamatan yang punya hak suara untuk memilih kepengurusan.Melalui musyawarah ini semua sepakat untuk memilih kepengurusan yang tujuannya untuk kepentingan bersama dan tentunya melalui musyawarah dan mufakat.

Wakil ketua umum DAD Kalimantan Tengah,Walter S.Penyang mengatakan, dalam musyawarah ini merupakan hasil kesepakatan bersama dan keinginan anggota untuk membentuk kebersamaan.

DAD juga mitra pemerintah daerah dan berkontribusi bagi pembangunan demi kemajuan bersama untuk kesejahteraan seluruh warga masyarakat di kabupaten Barito Utara, khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya.

Karena organisasi ini didirikan untuk kebersamaan membangun daerah yang dicintai bersama sama. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya kepengurusan agar program kerja dapat dilaksanakan sesuai ADART organisasi.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat hadir mengatakan, keberadaan organisasi tidak lain untuk memperkuat kepengurusan termasuk yang ada di kecamatan seperti damang.

Adanya organisasi juga dapat memperkuat pemberdayaan masyarakat dan dapat mempersatukan seluruh untuk membantu pemerintah daerah untuk pembangunan dengan filsafat "Huma Betang".

"Musda ini adalah yang kedua, karena sebelumnya batal, dan sekarang agar yang dipilih apapun hasilnya kita hormati bersama,"kata wabup.

Musda  DAD II Kabupaten Barito Utara, ada tiga calon ketua, masing masing,  Melpadona, Tommi Silvanus dan H.Amir Mahmud. Adapun jumlah pemilih yang menentukan terdiri dari 9 Kecamatan dan 2 dari DAD provinsi, sehingga jumlahnya 11 suara.

Adapun hasil Pemilihan ketua DAD priode 2023 - 2028 yang terpilih adalah H.Amir Mahmud dengan 6 suara dan Tommi Silvanus 5 suara sedangkan Melpadona kosong.

Ketua terpilih H.Amir Mahmud mengatakan, program tiga bulan ke depan adalah dengan melakukan pembenahan organisasi. Salah satunya dengan membangun kantor  sekretariat. Selain itu program kerja sesuai dengan visi misi yang sudah disampaikan. " sesuai program kerja kita membantu pemerintah daerah untuk membangun kemasyarakatan," cetusnya.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments