P. Raya

Natalia, ST : Siapkan SDM Bidang Pertanian Untuk Program Food Estate

PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk menjadi pilot project program ketahanan pangan di Indonesia melalui program Food Estate.

Agar program tersebut dapat berhasil dijalankan maka sejak sekarang harus dipersiapkan sumber daya manusia (SDM) terampil di bidang pertanian. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Natalia, ST.

“Melihat potensi keberhasilan dari program ini jika dijalankan dengan optimal, maka kami mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota se-Kalimantan Tengah agar dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia atau SDM yang terampil di bidang pertanian,” sebut Politisi Perempuan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kalteng ini, Senin 30  Mei 2022. 

Menurut Natalia, salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk menyiapkan SDM dibidang pertanian dengan meningkatkan kualitas pendidikan, utamanya di SMK jurusan pertanian. 

“SMK merupakan sekolah yang memang diperuntukkan mencetak SDM siap kerja, dimana para siswa diberikan ilmu terkait teknologi pertanian sesuai dengan perkembangan zaman. Diharapkan ilmu ini nantinya dapat diterapkan saat mereka terjun langsung dilapangan,” harap Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas. 

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan bahwa Saat ini Kalteng sedang gencar-gencarnya membangun sektor pertanian, maka dari itu SDM handal di bidang pertanian ini sangat diperlukan. 

“Jadi, upaya-upaya yang dapat terus mencetak SDM profesional tersebut perlu dimaksimalkan lagi, seperti halnya peningkatan ilmu pendidikan bidang pertanian di SMK,” tandasnya. 


(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments