Kalteng

Optimalkan Kemakmuran Desa, DPRD Mura Dorong Pemdes dan BUMDes Berinovasi

PURUK CAHU - Johansyah sebagai salah satu Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Murung Raya,mengusulkan agar Pemerintah Desa (Pemdes) menjadi lebih produktif dalam pelaksanaan pembangunan di tingkat desa.

Johansyah mendorong Pemdes untuk berinovasi dalam menggali potensi desa yang dapat meningkatkan pendapatan asli desa dan mendorong kemakmuran. Senin, 16/10/2023, Ia mengatakan, "BUMDes tidak boleh hanya sebagai pajangan, tetapi harus lebih produktif dalam menciptakan keuntungan bagi desa," ujarnya.

Legislator ini meminta agar tercipta sinergi yang baik antara Pemdes dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mencapai kemakmuran desa. Menurutnya, koordinasi yang baik antara keduanya akan menghasilkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan usaha BUMDes.

"Pemdes tidak boleh lepas tanggung jawab terhadap BUMDes. Mari bersama-sama membangun desa melalui kerja sama yang baik," jelasnya.

Johansyah menekankan bahwa BUMDes memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat dan menciptakan pendapatan asli desa. Oleh karena itu, Pemdes perlu memiliki kemampuan analisis untuk menentukan jenis usaha dan bidang apa yang perlu dikembangkan.

"BUMDes secara langsung merangsang roda perekonomian dan menjadi lokomotif perkembangan desa, dengan tujuan mengurangi angka kemiskinan di masyarakat desa," tambahnya.

Ia juga menyarankan agar setiap desa memiliki pendekatan yang berbeda dalam melaksanakan program BUMDes, sehingga dapat menggerakkan perekonomian desa sesuai dengan kebutuhan lokal.

Selain itu, Johansyah meminta agar Pemdes tetap memprioritaskan pembangunan berdasarkan skala prioritas yang diperlukan oleh masyarakat.

"Kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari pembangunan di tingkat desa. Pemdes perlu menyesuaikan program pembangunan dengan kebutuhan masyarakat setempat," pungkasnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments