Katingan

Pemda Katingan Ketambahan Dua Dinas

KATINGAN—Sebanyak dua dinas dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan secara resmi mulai menjalankan aktivitas perkantoran. Dua dinas tersebut yaitu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Perhubungan, Perikanan, dimanah, sebelumnya Perhubungan berada di Dinas Pekerjaan Umum, Perikanan berada di Dinas Pertanian dan Pendapatan berada di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). 

“Hari ini, saya selaku Bupati Katingan telah melantik sejumlah pejabat, termasuk 26 pejabat, yang akan menjadi bagian dari dinas Perhubungan Perikanan dan Pendapatan,” Ungkap Bupati Sakarias, usai acara pelantikan yang berlangsung di Pendopo, Kantor Bupati, Jumat (27/5/2022).

Diakui Sakarias, selama ini, anggaran yang ada di dua dinas tersebut belum berjalan, pasalnya, menunggu surat Menteri Dalam Negeri tentang pelantikan pejabat fungsional hasil penyetaraan terkait penyesuaian kembali jabatan fungsional.

“Jadi tidak ada lagi penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk dua dinas tersebut, karena anggarannya ada tapi belum jalan karena menunggu pelantikan  26 pejabat, dan hari ini, surat dari Mendagri sudah kita terima, makanya pelantikan, kita lakukan” Tuturnya.

Sakarias berharap, dengan berdirinya dua dinas tersebut, kinerjanya semakin fokus, terutama untuk Dispenda yang memiliki target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2022 sebanyak 112 miliar.

“Saya berharap setelah dipisahkan dan berdiri sendiri, setiap dinas dapat menjalankan tugas masing-masing,” Tuturnya.

Terkait dengan kepala dinasnya, bagi Sakarias, belum bisa dilantik, pasalnya jabatan tersebut harus melalui proses pelelangan.

“Untuk pimpinan atau kepala dinasnya, kita akan lakukan lelang jabatan dalam waktu dekat. Untuk sementara ditempatkan pelaksana tugas,” Tandasnya.
(Nofriyanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments