P. Raya

Pemerintah Harapkan Gelar Seni Budaya Tahun 2022 Menjadi Pemulih Ekonomi Kalteng

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan tengah, melalui staf ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, secara resmi membuka Gelar Seni Budaya Tahun 2022, bertempat di Gedung Pertunjukan Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng pada  Selasa, 8 Maret 2022.

Gubernur kalimantan tengah Sugianto sabran dalam sambutannya melalui staf ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, berharap Gelar Seni Budaya tahun 2022, memiliki peran yang sangat strategis bagi pemulihan perekonomian di Provinsi Kalteng di masa pandemi, dan dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama.

Gubernur juga berharap melalui kegiatan ini, tidak hanya menjadi sebuah pertunjukan saja, namun paling penting dapat membuka era baru wisata budaya Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya. Pada Kondisi pandemi Covid-19 masih melanda, Gelar Seni Budaya ini dapat disaksikan secara virtual melalui live streaming channel Youtube Taman Budaya Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Kalteng Adiah Chandra Sari menyebut Kegiatan Gelar Seni Budaya ini akan terus dilaksanakan secara berkala dan reguler dengan menampilkan sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Palngka Raya.

Diah juga mengungkapkan, bahwa menjelang pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang, ajang ini juga diharapkan menjadi pemantik bagi pelaku maupun praktisi seni untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam seni pertunjukan, yang pada akhirnya mampu membangkitkan ekonomi kreatif.

Adapun para Pejabat Struktural di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi kalimantan tengah, juga turut hadiri dalam acara pembukaan Gelar seni budaya tahun 2022.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments