P. Raya

Pendidikan Berkarakter Berwawasan Kebangsaan Pemateri Narasumber KasiTer Kasrem 102/Pjg 

PALANGKA RAYA -  Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana melalui Kasi Teritorial Kasrem  Korem 102/Pjg  Kolonel Inf Pomalanthon B Tambunan Sebagai Pemateri Bela Negara Pendidikan Berkarakter Bagi Mahasiswa Baru Universitas Palangka Raya Tahun 2023, bertempat di Aula Rahan Lantai 2 Gedung Rektor Universitas Palangka Raya,  Provinsi Kalteng, Rabu (27/9/2023).

Mahasiswa merupakan bagian terpenting dalam menentukan arah masa depan bangsa ke depannya,  sehingga perlu ditanamkan rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi pada diri setiap calon mahasiswa. Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air kepada mahasiswa diperlukan kegiatan pendidikan Bela Negara lebih dini sebelum calon mahasiswa memulai kegiatan perkuliahan. 

"Kegiatan bela negara bagi mahasiswa baru diperlukan untuk pembinaan karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi ancaman, seperti, penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam, konflik antar mahasiswa dan penyebaran penyakit menular,"Ucapnya.

Dalam Paparannya Kasi Teritorial Kasrem  Korem 102/Pjg  Kolonel Inf Pomalanthon B Tambunan menyampaikan  Bela negara merupakan suatu sikap, perilaku, dan tindakan warga negara dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia dari segala macam ancaman tantangan hambatan dan gangguan yang dilandasi oleh Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta nilai-nilai bela negara.  

"Kesadaran bela negara : Negara seperti mahluk hidup harus di jaga dan kita bela guna melindungi keutuhan negara. Nilai-nilai bela negara, cinta, sadar, yakin, rela, dan memiliki kemampuan bela negara. Cinta tanah air : Memberi kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara. Contohnya Berprestasi di bidang olah raga. Menjaga nama baik bangsa dan negara. contohnya ikut serta dalam perdamaian dunia. Waspada terhadap ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan negara. Sadar berbangsa dan bernegara Indonesia, Mencintai budaya dan produksi dalam negeri," Jelasnya.

Kolonel Inf Pomalanthon B Tambunan  juga mengajak untuk Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara sesuai dengan Undang-Undang  yang berlaku. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Yakin pada pancasila sebagai ideologi negara : Memahami nilai-nilai Pancasila. Melaksanakan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

"Menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara. Memiliki kemampuan awal bela negara. Menjaga keselamatan negara (Menolong korban bencana, Donor darah, Memberi pertolongan pada kecelakaan serta Menjaga perbatasan). Penciptaan kondisi juang, Pengisian ruang juang, Penciptaan alat juang. Sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana yang dapat digunakan, Sumber daya alam (SDA) dan buatan,Tegasnya.

Kegiatan di hadiri oleh, Kasi Ter Kasrem 102/Pjg, Wakil rektor kemahasiswaan dan alumni, Ibu. Wijanartika S.T., M.T., Ketua Panitia, Tahasak Sahay, SH., MH., Ketua Tim Bagian kemahasiswaan dan alumni, Sri Listiani SP., Serka Galih (Operator),  Wina Grace  (Moderator), Panitia serta Mahasiswa Baru Universitas Palangka Raya.  Jumlah hadir ± 180 orang.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments