P. Raya

Penghargaan Peduli HAM Kabupaten /Kota

PALANGKA RAYA - Penyerahan Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM) 2023, yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, bertempat Aula Mentaya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsin Kalimantan Tengah, Rabu (10/1/2024).

Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabtan dalam sambutan  yang diwakili oleh Asisten Adum Sri Suwanto  menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng, yang terus membina dan mendorong daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan program Kabupaten Kota Peduli HAM.

"Pemberian penghargaan Kabupaten Kota Peduli HAM merupakan salah satu pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2021-2025, memuat sasaran strategis yang digunakan dalam rangka melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM terhadap 4 (empat) Kelompok sasaran aksi HAM, yaitu perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat adat,"Ucapnya.

Kegiatan ini menjadi sarana penting untuk melakukan evaluasi, terutama pada dinas atau instansi terkait baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, untuk melaksanakan dan memenuhi kriteria Kabupaten Kota Peduli HAM dan tercapainya Aksi HAM secara maksimal.

“Sehingga tujuan RANHAM, Kabupaten Kota Peduli HAM dan Aksi HAM dapat terwujud, yaitu terciptanya Pelaksanaan Penghormatan Perlindungan Pemajuan Penegakan dan Pemenuhan HAM”, Imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pada tahun 2023, ada 2 (dua) kabupaten di wilayah Provinsi Kalteng yang memperoleh penghargaan KKP HAM, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pulang Pisau.

“Atas prestasi tersebut, saya mengapresiasi kedua kabupaten yang telah berusaha dan berjuang, sehingga mampu memenuhi kriteria Kabupaten Kota Peduli HAM. Saya berharap juga kabupaten lain dapat mengikuti untuk perolehan kriteria kabupaten/kota peduli HAM”,Tuturnya.

Selanjutnya ia juga mengingatkan, bahwa pada tanggal 14 Februari 2024 akan digelar Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif. Selain itu, Pemilihan Kepala Daerah pada 27 November 2024. Pemilu dan Pilkada yang dilaksanakan serentak di seluruh penjuru tanah air ini sangat penting bagi masa depan bangsa.

“Oleh karena itu, mari bersama-sama kita sukseskan Pesta Demokrasi tersebut, dengan menggunakan hak pilih kita dan mengawal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 agar berjalan baik, jujur, adil, aman, dan damai” tutupnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kalteng Maskur, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Sahli Bidang Pembangunan Hukum dan Politik Kabupaten Pulang Pisau Iwan Hermawan, serta jajaran Kanwil Hukum dan HAM Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments