Kalteng

Peningkatan Pengawasan: Ketua Fraksi PAN DPRD Murung Raya Tekankan Inspektorat Menjadi Lebih Efektif

PURUK CAHU, –Perlunya intensifikasi pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Mura terhadap kegiatan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa. Tafruji berharap Inspektorat bekerja secara maksimal guna memastikan kualitas pembangunan di Kabupaten Mura tetap optimal. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Fraksi PAN DPRD Murung Raya, Akhmad Tafruji

Pada hari JUmat 27/10/2023, Ia mengatakan, "Kami meminta agar setiap kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat memiliki nilai yang lebih baik, tanpa adanya penurunan. Ini krusial untuk memastikan kualitas pembangunan di Kabupaten Mura tetap unggul," ujarnya.

Bahkan ia menyoroti pentingnya mencegah potensi kelalaian atau kongkalikong dalam pengawasan internal. "Kapabilitas dan kualitas pengawasan harus ditingkatkan, dan jangan sampai terjadi kongkalikong dengan pihak yang diawasi," tambahnya.

Tafruji juga mendesak Inspektorat untuk bersikap tegas terhadap temuan dan pelanggaran yang ditemukan. Hal ini diharapkan dapat memastikan bahwa Inspektorat dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal tentunya.

Ia menambahkan, "Dalam melaksanakan tugasnya, Inspektorat harus bersikap tegas terhadap temuan dan pelanggaran. Mereka memiliki peran penting dalam merumuskan kebijakan teknis bidang pengawasan, serta melaksanakan pengawasan internal melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, asistensi, dan kegiatan pengawasan lainnya, termasuk di tingkat pemerintahan desa nantinya ," jelas Tafruji.

Disini peran Inspektorat secara internal lebih berpengaruh dibandingkan DPRD, karena mereka memiliki kemampuan untuk mengawasi dan mengaudit kegiatan pemerintah. "Kami meminta Inspektorat untuk memaksimalkan fungsi mereka guna memastikan bahwa pengawasan internal berjalan secara optimal," tutupnya.

 

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments