P. Raya

Peran Kolaborasi Kearifan Lokal Dalam Penurunan Stunting Di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo, yang sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalteng membuka kegiatan seminar hasil kajian survey percepatan penurunan stunting di kalimantan tengah. Seminar ini diselenggarakan di ballroom hotel bahalap, palangka raya pada hari Selasa, 27 Juni 2023.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, serta Wakil Bupati, Wakil Wali Kota Se-Kalteng yang juga menjabat sebagai ketua TPPS di wilayah masing-masing. Ketua komisi III DPRD Kalteng, Peneliti Ahli Muda Brin Oktrianto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, di Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kalteng, Lina Victoria Aden, juga turut hadir dalam seminar tersebut. Selain itu, acara ini juga diikuti secara online oleh seluruh anggota TPPS, Ketua TP-PKK, dan Kepala DP3APPB Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Edy Pratowo menjelaskan bahwa salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan kearifan lokal dalam penurunan angka stunting. Sebagai contoh, melalui kegiatan seminar ini, peserta diajak untuk menyanyikan pesan-pesan karungut yang mengajak orang tua untuk memperhatikan gizi anak-anak mereka. Ia menekankan pentingnya memberikan edukasi, sosialisasi, dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat dalam hal peningkatan gizi.

Seminar ini merupakan langkah nyata dari pemerintah kalimantan tengah dalam mengatasi masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius. Dengan adanya kolaborasi dan koordinasi yang baik, diharapkan upaya penurunan angka stunting dapat dilakukan secara efektif dan terarah guna menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas di masa depan.

 

(Harry)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments