Kotim

Perlu Peran Masyarakat Tangani Covid-19

SAMPIT – Penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah, tetapi perlu peran serta masyarakat untuk membantu mempercepat pemulihan.

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan untuk mempercepat penanganan Covid-19, seluruh pihak harus mengambil tanggung jawab, baik pemerintah, masyarakat umum, pihak swasta dan pihak lain yang memiliki sumber daya dan kesempatan.

“Sebesar apa pun usaha pemerintah dalam menangani Covid-19 tidak akan berhasil jika masyarakatnya tak mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, meski saat ini kondisinya sudah melandai,” ujar Halikinnor, Minggu (21/11/2021).

Ia menyebut, keterlibatan masyarakat untuk mengambil inisiatif dalam rangka kampanye protokol kesehatan, baik menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan adalah situasi yang memang jadi kebutuhan bersama.

Halikinnor mengatakan penting bagi masyarakat untuk turut serta mendukung kegiatan pemerintah dalam kampanye pengendalian Covid-19. Selain itu, masyarakat secara mandiri juga bisa membuat gerakan atau inisiasi untuk menyampaikan protokol kesehatan secara terus menerus. Memberikan kesadaran kepada masyarakat lain pentingnya vaksinasi Covid-19.

Dikatakannya, penerapan penggunaan masker di kalangan masyarakat juga belum terlaksana 100 persen sehingga edukasi dan program penguatan menjadi sangat penting.

“Seberapa pun usaha pemerintah untuk melakukan tracing, treatment atau vaksinasi yang sekarang kita kejar, tanpa ada usaha yang kuat dari masyarakat untuk mencegah diri dan lingkungannya terpapar dari pandemi Covid-19, akan sulit untuk kita keluar dari wabah ini,” tandasnya.

(Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments