Kotim

Pelabuhan Desa Pelangsian Potensial Tingkatkan PAD

SAMPITBeroperasinya pelabuhan yang ada di Desa Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit Kotim, belum lama ini diyakini mampu mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) Kotawaringin Timur (Kotim).

Bupati (Kotim) Halikinnor optimis PAD tahun-tahun mendatang akan meningkat. “Pelabuhan yang selama ini hanya dimanfaatkan oleh PT Pelindo saja, sekarang telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Saya optimis pendapatan asli daerah kita akan meningkat pada tahun berikutnya,” kata Halikinnor, Sabtu (20/11/2021).

Menurutnya jika pelabuhan tersebut dikelola dengan baik maka akan mendongkrak pendapatan.

Halikin mengungkapkan, jika PAD Kotim bertambah, maka akan berpengaruh terhadap APBD Kotim. Dengan begitu pelaksanaan pembangunan untuk Kotim dapat dilaksanakan dengan cepat. Pasalnya jika hanya sebesar jumlah APBD yang ada saat ini pembangunan belum dapat dilakukan secara merata.

Semenjak adanya pandemi Covid-19, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim terjadi penurunan, pada tahun 2021 hanya sebesar  Rp1.996.883.474.600 dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp 276.725.263.000.

(Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments