P. Raya

Pinjam Buku Online Menjadi Inovasi Di Tengah Pandemi

PALANGKA RAYA - Meminjam buku adalah solusi yang tempat untuk mengusir kejenuhan di tengah pandemi, sehingga untuk memudahkan itu semua dinas perpustakaan provinsi Kalimantan Tengah memiliki inovasi baru yaitu pinjam buku dari rumah.

Di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir, membaca mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengusir kejenuhan. Namun di tengah kondisi seperti itu membuat masyarakat enggan keluar untuk mencari buku-buku bacaan. Maka untuk membantu masyarakat dalam mencari buku bacaan, dinas perpustakaan dan arsip Provinsi Kalimantan Tengah, memiliki berbagai inovasi baru, salah satunya yaitu meminjam dari rumah. Layanan ini merupakan adaptasi kebiasaan baru yang menyesuaikan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Dinas perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, melalui pustakawan Raswati menjelaskan, masyarakat yang ingin mencari buku bisa melakukan akses menggunakan gawai masing-masing melalui Online Public Access Catalog (OPAC) di website dinas, dispursip.kalteng.go.id,  untuk mengetahui apakah buku yang dicari tersedia di Perpustakaan Kalteng.

Dan jika masyarakat ingin meminjam buku dapat dilakukan dengan menghubungi layanan whatsapp yang telah disediakan oleh pihak perpustkaan. Masyarakat yang ingin meminjam buku, dapat mengisi form peminjaman buku dan mengirimnya ke operator,untuk nantinya ditentukan waktu peminjaman buku.

Raswati juga menjelaskan, untuk peminjaman buku secara online dapat dilakukan dengan sarat, masyarakat harus terlebih dahulu mendaftat menjadi anggota perpustakaan, serta saat pengambilan buku harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments