P. Raya

Plt Gubernur Kunjungi Istana Pangeran Mangkubumi

FOTO: PEMPROV

KUNJUNGI ISTANA MANGKUBUMI - Pelaksana Tugas (Plt) Kalimantan Tengah Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi, Minggu (11/1/2020).

 

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kalimantan Tengah Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi, Minggu (11/1/2020). Pada kesempatan tersebut, Plt. Gubernur berkeliling sejumlah ruangan berisi berbagai benda bersejarah.

 

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi yang juga dikenal dengan sebutan Istana Pangeran Mangkubumi merupakan salah satu peninggalan sejarah kekayaan budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terletak terletak di Desa Raja, Kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng.

 

Istana Pangeran Mangkubumi yang dibangun di sekitar tahun 1850 merupakan bangunan berbentuk panggung dengan struktur pendukung utama berbahan kayu ulin, seperti lantai, dinding, tiang, dan atap.

 

Seperti yang diketahui, rumah tradisional terdiri atas 5 bangunan, yakni bangunan induk, bangunan penerima tamu, bangunan tempat tinggal pelayan, bangunan depan, serta bangunan dapur dan gudang.

 

Rumah pribadi Ratu Adipati Mangkubumi I atau Ratu Kuning ini merupakan warisan Pangeran Ratu Anum Kesumayuda. Pangeran Adipati Mangkubumi adalah menantu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda, Sultan XI dari Kerajaan Kotawaringin (Kutaringin) yang berdiri pada tahun 1865-1904. Pemandian Putri Tujuh menjadi bagian dari istana dengan hiasan berbentuk hiasan berwarna kuning keemasan, merah dan hijau di bagian pintunya ini.

 

Pada Minggu (1/11/2020) malam, Istana Pangeran Mangkubumi menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dengan penceramah Habib Ismail Bin Yahya yang juga dihadiri keluarga besar Pangeran Mangkubumi dari Kesultanan Kutaringin.

 

(EDY/JJ

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments