P. Raya

Program Literasi SMP Negeri 6 Balai Penjamin Mutu Pendidikan

PALANGKA RAYA - Kepala Sekolah SMPN 6 Palangka Raya, Slamet Miharto mengenai program Literasi orang tua bercerita, saat di temui usai  kegiatan Program Literasi, Di SMPN 6 Negeri, pada Jumat (26/1/2024).

Slamet Miharto menyampaikan, terkait program sekolah literasi, dimana program ini sudah beberapa bulan dijalankan, disampaikan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan terkait program orang tua bercerita untuk meningkatkan literasi siswa siswi di sekolah. Dimana yang kita ketahui ketika dalam ANBK Asesmen Nasional yang didalamnya ada terkait literasi, numerasi dan lain lainnya sampai iklim sekolah.

Literasinya ini terkait budaya membaca, maka dari itu program orang tua bercerita ini salah satunya untuk memberikan motivasi anak. Disisi lain dampaknya juga orang tua itu akan lebih menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan sekolah, guru dan orang tua.

Dari balai penjamin mutu pendidikan ini ada program untuk peningkatan literasi anak, salah satunya orang tua bercerita. Selain itu juga ada kantong literasi dan lain lain, tetapi yang sekarang sedang gencar di lingkungan sekolah ini yaitu orang tua bercerita, dan nanti juga ada duta literasi dari perwakilan perwakilan sekolah yang sudah dilaksanakan awalnya dibeberapa sekolah SD, dan SMP terkait sistemnya, programnya  seperti mengundang orang tua untuk hadir ke sekolah untuk mengamati dan juga mendampingi.  Program literasi ini sendiri memang harus ditingkatkan untuk anak, supaya semakin ada peningkatan dan motivasi  untuk anak itu sendiri.

“Tujuan kita untuk anak-anak kedepannya terbiasa untuk membaca, karena kedepannya akan ada lomba-lomba duta membaca, duta literasi dan supaya dalam keseharian anak membaca ini menjadi prioritas utama"Imbuhnya.

Program ini akan diteruskan karena baik untuk kerjasama orang tua dan sekolah semakin terkoordinasi dengan baik. Program ini termasuk dalam merdeka belajar, akan kita teruskan sambil kita evaluasi apa saja yang menjadi kekurangannya akan kita refleksikan dan kita teruskan untuk semakin adanya peningkatan, mutu Pendidikan.

 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments