P. Raya

Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Mendagri Tito Karnavian secara virtual dari Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin 10 April 2023.

Dalam arahannya Tito mengatakan Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi di bulan Maret 2023 yakni 4,97 persen (y-o-y), mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya yaitu 5,47 persen (y-o-y).

Tito menambahkan, angka 4,97 persen tersebut merupakan angka inflasi yang terkendali, ia berharap ke depannya bisa turun hingga 3-4 persen sesuai target. “Saya kira ini sudah cukup baik, terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang selalu rutin melaksanakan kerja sama, dan Pemerintah Daerah yang selalu melakukan segala upaya agar inflasi kita tetap terjaga,” ucap Tito.

Tito mengungkapkan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar di bulan Maret 2023 adalah tarif angkutan udara. “Selanjutnya, ada BBM, beras, cabai rawit, dan rokok kretek filter. Kita masih punya waktu dua minggu menuju Hari Raya Idulfitri, kita perlu antisipasi agar tidak terjadi lonjakan. Beberapa upaya yang perlu dilakukan adalah menggelar operasi pasar murah, pemberian bansos bagi yang tidak mampu, mengecek kecukupan supply pangan daerah masing-masing, dan melakukan intervensi jika terjadi kenaikan komoditas tertentu,” tukasnya.

Sementara itu Direktur Statistik Harga BPS Windhiarso Putranto menyampaikan dalam paparannya bahwa menjelang Hari Raya Idulfitri, komoditas cabai rawit mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan di minggu pertama bulan April 2023. “Sedangkan beras dan telur menjadi dua komoditas yang memberi andil kenaikan harga utama di minggu pertama bulan April 2023,” jelasnya.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments