P. Raya

Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri RI

PALANGKA RAYA – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri RI secara virtual di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalteng.

Sahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat menghadiri rakor mengatakan, sesuai dengan  paparan BPS RI di Kalteng terjadi penurunan harga di Kabupaten Sukamara sebesar -2,26% dan Kabupaten Seruyan sebesar -2,20%, sedangkan di Kabupaten Barito Timur terjadi kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebesar 2,75% pada daging sapi, beras, daging ayam ras.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memimpin rapat mengungkapkan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan dalam rangka Pengendalian Inflasi ini, sesuai dengan perintah Presiden RI sejak bulan September 2022, ketika inflasi berada diangka 5,9%.

“Pada tahun 2022 yang lalu Inflasi di Indonesia berada di angka 5,9%, dan turun menjadi 3,5%, namun jangan terlena karena target dari bapak Presiden adalah 3%” ungkap Tito.

Masih perlu perlu kerja keras semua pihak untuk menurunkan 0,5%, hal ini tidak gampang karena melibatkan semua wilayah sebesar Indonesia.

Menurut Direktur Statistik Harga BPS RI Windhiarso Putranto dalam paparannya menyebut, pada komponen harga bergejolak mengalami inflasi sebesar 0,44% pada Juni 2023 dengan andil sebesar 0,07% terhadap inflasi umum.

Dari minggu kedua bulan Juni hingga minggu kedua bulan Juli, empat komoditas tertinggi yang selalu mengalami inflasi yang dipantau oleh SP2KP Kementerian Perdagangan adalah daging ayam ras, cabe merah, telur ayam ras, dan cabe rawit masuk dalam komoditas yang harganya naik di kota-kota yang dipantau.

Rakor Pengedalian Inflasi ini dihadiri oleh Forkopimda, Instansi Vertikal/mewakili, Kepala Perangkat Daerah terkait. Turut hadir secara virtual Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Batara Siagian, dan Kasatgas Pangan Polri Whisnu Hermawan Februanto. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments