Kalteng

Rawan Bencana PDIP Seruyan Latihan Atasi Karhutla

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

LATIHAN - DPC PDIP Kabupaten Seruyan melakukan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam karhutla, Kamis (27/05/2021).
KUALA PEMBUANG - DPC PDIP Kabupaten Seruyan melakukan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam karhutla di wilayah lingkar kota Kabupaten Seruyan.

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilakukan sesuai dengan instruksi Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarno Putri, agar semua kader dapat siap siaga membantu apabila terjadi bencana di wilayah masing-masing. Kegiatan pelatihan ini pun disesuaikan dengan kerawanan bencana yang biasa terjadi di tiap daerah di Indonesia.

Seperti penuturan Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten sekaligus ketua DPRD Kabupaten seruyan Zuli Eko Prasetyo.

“Di Kabupaten seruyan ini merupakan daerah yang rawan terjadinya karhutla saat tiba musim kemarau, karena wilayah yang banyak hutanya saat terjadi kekeringan dengan sedikit api makan bisa menjadikan bencana kebakaran hutan yang besar maka menyikapi hal tersebut diharapkan para kader PDIP Kabupaten Seruyan bisa ikut berpatisipasi untuk bisa ikut menangulangi bencana tersebut," tuturnya.

Zuli Eko Prasetyo pun mengatakan dalam pelatihan penanganan bencana pihaknya mencoba memahami bagaimana bencana ini terjadi, bagaimana cara penangananya.

“Sampai kami pun belajar teknisnya bag mana cara pengoperasian mesin pompa pemadam, darimana menangani api yang sudah menyala. Semua ini diharapkan bisa menjadi bahan pelajaran buat semua kader agar mengerti bagaimana penangan bencana ini dengan tepat, seperti  tahap awal pencegahan bencana kebakaran dan bagaimana menangani bila sudah terjadi kebakaran itu,” paparnya.

Dengan demikian, bisa menjadi bahan untuk mengedukasi masyarakat.

“Karena bencana ini tidak akan bisa di tangani pemerintah sendiri harus bersama dengan semua pihak untuk mencegah serta mengatasi bencana tersebut saat sudah terjadi,” pungkasnya.

 

(Giya/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments