P. Raya

Reja Framika :  Jangan Biarkan Aset  Pemda Terbengkalai

PALANGKA RAYA - Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya Reja Framika mengingatkan pemerintah daerah agar tidak membiarkan aset terbengkalai. Namun harus dikelola dengan baik agar mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mencontohnya menganggurnya gedung lama Bandara Tjilik Riwut. Menurut dia bangunan dengan ciri khas Huma Betang itu dapat disulap menjadi hotel transit dengan kelas bintang 3 agar bangunan tidak sia-sia dan disalahgunakan.

"Saya berharap pemerintah daerah dapat bersama pihak terkait dapat mengoptimalkan pengelolaan aset yang dimiliki tersebut agar bisa memberikan keuntungan bagi daerah, jangan biarkan terbengkalai seperti itu," katanya, Sabtu, 30 Juni 2023.

Politisi PSI itu membeberkan cara agar dikelola oleh profesional dengan mengandeng pihak ketiga agar menghasilkan PAD. Aset-aset yang ada jangan sampai menganggur, tapi harus dikelola secara profesional agar mampu memberikan keuntungan berupa pendapatan asli daerah.

Menurutnya, pemerintah perlu menyiapkan instrumen yang tepat untuk melakukan pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, akuntabel, efesien dan efektif mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan serta pengawasannya.

Dia menilai, aset yang menganggur malah akan memberikan biaya perawatan dibandingkan pendapatan. Sebab itu pemerintah mesti mencari cara agar semua aset dikelola dan bisa memberikan keuntungan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments