Politik

Selain Kenal Dekat, Puan Cerita Jalan James Memenangkan Pilkada Mitra

Manado - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengaku sangat dekat dengan kader PDI Perjuangan di Sulawesi Utara (Sulut). Beberapa kemenangan besar partai berlogo banteng ini di bumi nyiur melambai tidak lepas dari peran politisi perempuan ini.

Seperti kemenangan Pemilihan Kepala Daerah di Minahasa Tenggara 2013 silam, Menurutnya, saat itu, partai sempat berpikir keras tentang figur yang akan diusung.

“Dulu kita berpikir keras bagaimana caranya di Minahasa Tenggara PDI Perjuangan menang. Bingung, harus (calon) yang mana. James aja, kata Pak Gubernur. Saya tanya, bisa ga sih James,” kata Puan di sela pengarahan tiga pilar partai di Manado, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, dirinya sudah lama mengenal dengan sosok James Sumendap. 

“Saya memang kenal beliau lama. Bisa Mbak, bisa, Kata Pak Gubernur saat itu. Kalau ga salah, saya sempat panggil James. Saya tanya kamu serius bisa menang. Tapi kemudian, tetap James datangin Pak Olly, minta bantuan,” ungkapnya, diikuti tawa peserta. 

Dengan kerja keras, lanjutnya, Pilkada Minahasa Tenggara bisa dimenangkan PDI Perjuangan. Bahkan dua periode berturut.

Disebut Olly masuk radar Cagub Sulut 2024.

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap adalah suami tercinta dari Djein Leonora Rende, dikaruniai dua orang anak yaitu Sabrina Sarah Sumendap dan Peter Harry Daniel Sumendap.

James lahir dari keluarga petani Modoinding di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Pria kelahiran Minahasa, 4 Januari 1969 mengawali karir politiknya sebagai aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Saat ini, dia masih dipercayakan sebagai Ketua Persatuan Alumni (PA) GMNI Sulut.

Bagi Masyarakat Mitra, James Sumendap sukses mengangkat Kabupaten Minahasa Tenggara sejajar dengan daerah lainnya.

Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan, Olly Dondokambey pernah menyebut nama Bupati Minahasa Tenggara didalam bursa Cagub Sulut 2024 nanti. 

“Pilgub nanti kami akan persiapkan, termasuk Bupati Mitra masuk dalam radar PDI Perjuangan,” ungkap Olly di sela Rakercab PDI Perjuangan Mitra, Selasa (1/6/2021).

 

(Infosemartara/Hendra)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments