Kotim

Sepanjang Tahun 2022 di Kotim  Telah Terjadi 39 Kebakaran

Sampit -  Sepanjang Tahun 2022, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mendata kurang lebih terjadi 39 kali Kebakaran, yang dimana kebanyakan kejadian kebakaran tersebut terjadi pada hutan dan lahan (Karhula).

“Kita telah melakuksn pendataan yang paling banyak itu terjadi Karhutla sekitar 15 kebakaran, karena seperti yang kita ketahui Kabupaten Kotim ini kebanyakan lahan gambut, jadi banyak sebab akibat kerjadian Karhula ada yang sengaja di bakar untuk membuka lahan dan lainnya,”jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotim, Hawianan, saat dimintai keterangan sejumlah wartawan . (Jumat,2/12/2022).

Sambungnya  kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik ada sebanyak 6 kejadian kebakaran, untuk seperti kebakaran mobil dan unit lainya itu ada sekitar 18 kejadian.

“Kita sangat bersyukur karena kejadian kebakaran di Kotim ini tidak banyak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dimana Kabupaten Kotim dulu pernah diselimuti kabut yang cukup tebal yang sangat menanggung aktivitas yang disebabkan karhula,” katanya.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk selalu memperhatikan kondisi rumah atau bangunannya masing-masing sebelum beraktivitas keluar rumah, dan bagi masyarakat yang memiliki lahan yang kosong untuk membersihkan lahan tanpa membakar lahan itu sendiri.

“Membersihkan lahan itu sangat merugikan seluruh pihak terutama pemiliknya, jadi saya berharap jangan sampai kejadian yang lalu terjadi di tahun-tahun depan,” akhirnya.

(Taibah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments