P. Raya

Sigit K Yunianto  : Pemuda Harus Miliki Peran Penting Dalam Pembangunan Bangsa

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan jika pemuda mempunyai peran penting dalam pembangunan bangsa. Karena di era sekarang para pemuda menjadi kekuatan ekonomi, di tangan pemuda saat ini, disebutkannya akan mendominasi populasi dalam bonus demografi yang diperkirakan mencapai puncaknya pada 2030-2040.

“Kota Palangka Raya juga tengah menyambut bonus demografi, dimana kondisi jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Ini akan menjadi titik balik pembangunan yang lebih baik bagi daerah, dimana anak-anak muda akan lebih banyak berperan,” kata Sigit, Selasa 9 Agustus 2022. 

Ia mendorong agar pemuda menjadi bagian dari proses pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (sdgs). Hal tersebut sesuai dengan prinsip Sdgs bahwa pemuda memiliki peran dalam pencapaian Sdgs. “

Sesuai dengan prinsip inklusivitas sdgs bahwa tidak ada satupun yang tertinggal. Pemuda menjadi bagian dalam target pencapaian sdgs. Namun, posisi pemuda diharapkan tidak hanya sebagai target atau penerima manfaat semata, tetapi dapat dioptimalkan sebagai pelaku pembangunan,” jelas legislator PDI Perjuangan ini. 

Ketua Umum ADEKSI ini mengajak para pemuda khususnya pemuda Kota Palangka Raya untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua generasi. “Lingkungan yang lebih berkelanjutan, damai, adil dan sejahtera bagi semua. Sebuah lingkungan di mana kaum muda mampu memanfaatkan potensi penuh mereka. Dengan demikian, kita akan dapat mengubah proses pemulihan menjadi lingkungan yang tangguh,” pungkas Sigit. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments