P. Raya

Sigit Karyawan Yunianto : Hewan Kurban dari Luar Harus Diawasi Ketat

PALANGKA RAYA - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto menegaskan bahwa hewan kurban yang didatangkan dari luar kota atau malah luar pulau harus benar-benar diawasi dengan ketat.

"Pengawasan terhadap kondisi dan kesehatan hewan kurban saya anggap sangat penting, apalagi menjelang Idul Adha seperti saat ini. Apalagi mengingat ketersediaan hewan kurban seperti sapi, rata-rata didatangkan dari luar Kota Palangka Raya," kata Sigit  pada Sabtu. 30 Juni 2023.

Disisi lain, lanjutnya, perlunya memperketat pengawasan terhadap hewan kurban yang masuk dalam menghadapi Idul Adha, tidak lain bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya hewan-hewan sakit yang bisa menular dengan hewan-hewan lainnya. 

Hari ini pula, pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah mulai dilaksanakan oleh tim kesehatan DPKP Palangka Raya bekerja sama dengan Puskeswan Kota Palangka Raya serta RPH Kalampangan.

Saat ditemui di kandang sapi milik peternak, Jalan G Obo, Eko menjelaskan bahwa ternak yang sudah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat akan dipasangi neck tag atau tanda leher agar diketahui bahwa ternak tersebut sudah diperiksa dan dinyatakan sehat serta bebas dari PMK.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments