P. Raya

Sigit Karyawan Yunianto Minta Hewan Kurban Harus Dipastikan Layak

PALANGKA RAYA - Kepala DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto meminta agar Pemko Palangka Raya memastikan kesehatan hewan kurban harus benar-benar dicek demi memastikan kelayakan hewan yang akan dipakai masyarakat dalam perayaan Idul Adha akhir bulan ini.

"Mengingat hewan kurban kita di Palangka Raya ini, terutama sapi, itu didatangkan dari luar daerah maka instansi terkait kami minta dapat melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban, guna memastikan hewan tersebut layak untuk dipotong dan dibagikan kepada masyarakat saat Idul Adha nantinya," kata Sigit pada Sabtu. 30 Juni 2023.

Sebelumnya, Kepala Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan atau DKPP Kota Palangka Raya, Renson mengatakan bahwa sebanyak 1.150 sapi disiapkan untuk menghadapi hari raya Iduladha tahun ini.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah dilaksanakan oleh tim kesehatan DPKP Palangka Raya bekerja sama dengan Puskeswan Kota Palangka Raya serta RPH Kalampangan sejak Senin hingga kemarin.

Saat ditemui di kandang sapi miliknya di Jalan Siti Bakar Eko menjelaskan bahwa ternak yang sudah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat akan dipasangi neck tag atau tanda leher agar diketahui bahwa ternak tersebut sudah diperiksa dan dinyatakan sehat serta bebas dari PMK.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments