P. Raya

Siti Nafsiah : Sektor Pertanian Perlu Peremajaan Sektor Pertanian

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng, Siti Nafsiah menyebut sektor pertanian khususnya di wilayah Kalteng ini perlu peremajaan atau regenerasi petani. Sebab, tanpa adanya regenerasi, ketersediaan SDM petani akan semakin berkurang, sehingga akan berdampak pada pengembangan sektor pertanian yang tidak maksimal.

Menurutnya, pertanian merupakan salah satu sektor strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah ditambah lagi pemerintah belakangan ini terus menggencarkan peningkatan sektor tersebut dalam rangka memperkuat ketahanan pangan. Sehingga, sektor pertanian dinilai perlu adanya peremajaan.

"Peremajaan ini tidak hanya sekedar regenerasi petani saja, akan tetapi juga lebih kepada para petani yang sudah berumur itu bisa membimbing dan mengajarkan kepada petani muda tentang bagaimana cara bertani yang baik dan benar," ucapnya, Senin, 15 Mei 2023.

Srikandi DPRD yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III ini mengatakan pemerintah bersama pihak terkait lainnya harus mampu mendorong para petani untuk bisa menciptakan nilai lebih dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani itu sendiri. Mengingat petani saat ini merupakan salah satu tulang punggung perekonomian.

Sebelumnya Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan, profesi petani saat ini sangat menjanjikan karena mampu meningkatkan perekonomian keluarga apabila ditekuni dengan sebaik-baiknya. Apalagi, Kalteng memang sedang kekurangan para petani muda untuk mengelola lahan pertanian, terlebih pasca dipilihnya Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau sebagai Food Estate untuk ketahanan pangan nasional.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments