Katingan

Target Pembangunan SOPD Wajib Ikut Tema RPJMD

KATINGAN – Target rencana pembangunan yang dilakukan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) wajib didasarkan pada tema pembangunan yang di tetapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan.

Dikatakan Bupati Katingan Sakariyas, Tema yang telah disepakati untuk dilaksanakan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 yaitu “Pencapaian Daya Saing Kompetitif Ekonomi  Berlandaskan Keunggulan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Berkualitas Serta Kemampuan Ilmu dan Teknologi yang Terus Meningkat”. 

“Inilah Tema RPJMD 2018-2023, makanya saya berharap, SOPD dalam menentukan target pembangunan, yang lebih diprioritaskan adalah yang berkaitan dengan tema,” Ungkap Bupati Sakariyas dalam sambutannya pada acara Rapim Tepra dan Rakordal di Bappellitbang, Rabu (6/4/2022).

Lebih lanjut, kata orang nomor satu di Kabupaten Katingan, Sakariyas, tingkat keberhasilan RPJMD Kabupaten Katingan, dapat dilihat secara jelas apabila SOPD benar-benar mendasarkan program pembangunan sesuai tema yang ada.

“Berhasil atau tidak pelaksanaan RPJMD, tentunya dilihat dari prioritas rencana pembangunan setiap SOPD,” Ujarnya. 

Bahkan untuk mencapai pelaksanaan tema RPJMD, menurut Sakariyas, laporan realisasi kinerja setiap SOPD, wajib disampaikan sehingga presentasi serapan anggaran dapat terlihat.

“Laporan setiap pelaksanaan kegiatan, harus dilakukan, agar kita dapat memantau penyerapan anggaran, kalaupun terdapat kendala, dengan laporan yang ada, dapat dicarikan solusi sehingga persoalan bisa diatasi,” tuturnya. 

Hal penting lainya yang dikatakan Sakariyas, pengelola  anggaran, dapat melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa/pelelangan sesuai aturan yang berlaku. 

“Saya harapkan, proses pelelangan atau pengadaan barang dan jasa wajib mengikuti aturan,” Tandasnya.


(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments