Kalteng

PBS Diminta Berdayakan Masyarakat Sekitar Perusahaan

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo 

KUALA PEMBUANG -  Ketua Dewan DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo berharap agar Perusahan Besar Sewasta (PBS) yang beroperasi di Kabupaten Seruyan bisa melaksanakan program pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan demi meningkatkan ekonomi warga yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

Dengan pelaksanaan program pemberdayaan bagi masyarakat sekitar PBS, Ketua DPRD seruyan berharap agar masyarakat perusahaan bisa merasakan keberadaan perusahaann tersebut bagi peningkatan perekonomian rumah tangga warga sekita PBS tersebut.

“Saya berharap agar setiap PBS yang beroperasi di wilayah Kabupaten Seruyan ini, bisa memperhatikan masyarakat sekitar perusahaannya, karena sudah kewajiban mereka, untuk memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan yang tertuang dalam Perda daerah,” tegasnya, Rabu (06/04/2022).

Apalagi menurutnya banyak perusahaan sawit yang beroeprasi di wilayah Kabupaten Seruyan, sehingga sudah seharusnya pihak perusahaan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar perusahaan tersebut, dengan program pemberdayaan warga sekitar, seperti memberikan pelatihan bagaimana cara pembibitan sawit yang baik atau dengan pemberian bantuan berupa bibit unggul kepada warga setempat.

Ia menyebut, keberadaan PBS ini harus benar-benar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar perusahaannya, bukan hanya dengan program sawit saja, bantuan bisa berbentuk pemberian tempat pelayanan umum, tempat ibadah atau berbagai macam kegiatan warga yang tentunya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. 

"Jangan sampai nanti malah timbul konflik dengan warga sekitar, akibat rasa ketidakadilan dari pihak perusahaan tersebut, makanya Saya mengimbau agar program pemberdayaan masyarakat sekitar PBS harus dijalankan,” tandasnya.

(Giya/Altius) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments