Kalteng

Tempatkan Tenaga Kesehatan di Pelosok Secara Merata

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Atinita

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta agar penempatan tenaga kesehatan (Nakes) di daerah pelosok agar bisa lebih merata, guna pelayanan kesehatan pada masyarakat. Terlebih bagi perawat dan bidan agar bisa ditempatkan di setiap desa, karena saat ini masih belum bisa terpenuhi.

Menurut anggota DPRD Seruyan Atinita yang mewakili daerah pemilihan  (Dapil) II penempatan tenaga medis saat ini masih belum cukup efektif.

"Masih ada daerah atau desa yang belum mendapatkan tenaga medis tetapi ada sebagian yang malah memiliki lebih tenaga medis," ucapnya, Senin (07/02/2022).

Karena itu dia berharap agar dinas terkait bisa sesegera mungkin untuk melakukan penempatan yang sesuai bagi staf tenaga medisnya.

“Saya melihat di daerah penempatan tenaga medis saat ini masih belum tepat, seperti daerah  Desa Setwai hanya memiliki satu tenaga medis tapi kok malah dipindah ke Desa Tumbang Darap, padahal di sana sudah ada dua tenaga medis. Jadi menurut Saya kebijakan itu harus ditinjau lagi guna pelayanan medis yang efektif bagi masyarakat,” tegasnya. 

Dia berharap agar dinas terkait dalam penempatan tenaga medisnya harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, jangan sampai ada wilayah atau desa yang memiliki lebih tenaga medis, sedangkan ada desa yang malah tidak memiliki tenaga medis.

Hal itu harus menjadi pertimbangan bagi dinas dalam penempatan tenaga medisnya.

Menurutnya pelayanan kesehatan itu merupakan hak setiap masyarakat, jadi pelayanan kesehatan harus merata karena itu merupakan tanggung jawab pemerintah. Apalagi di wilayah pelosok yang sangat sulit terjangkau oleh pelayanan medis, harusnya ada kebijakan dari pemerintah untuk mempatkan tenaga medisnya.

“Saat ini kebutuhan tenaga medis sangat di butuhkan, apa lagi saat ini pendemi Covid-19 masih terjadi, hendaknya ada kebijakan cepat dari pemerintah daerah dalam hal ini, agar bisa menempatkan tenaga medisnya di daerah, sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah pada masarakat dalam hal kesehatan, agar kedepannya masyarakat dapat terlayani semua, apa lagi di wilayah pelosok harus benar-benar dipikirkan,” pungkasnya.

(Giya/Altius) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments