P. Raya

Tiga Kelurahan Desa  Bersinar (Bersih Dari Narkoba)

PALANGKA RAYA - Pencanangan Kelurahan Bersinar Di Kota Palangka Raya Tahun 2023 Dan Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti narkoba Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa dilaksanakan di Hotel Luwansa , Provinsi Kalteng, Kamis (26/10/2023).

Dalam sambutannya Plt. Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalteng, yang disampaikan oleh Dorce Sandah, S.K.M,M.P.H, Ketua Tim PLRIP Bidang Rehabilitasi BNNP Kalteng menyampaikan, pencanangan Desa Bersinar dan Monev di Indonesia sudah dikategorikan sebagai negara darurat Narkoba karena kasus Narkoba semakin banyak serta sulit untuk dihentikan. 

"Karena itulah Badan Narkotika Nasional sebagai leading Sector masih harus bekerja keras untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Menyadari bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dapat menimbulkan dampak yang sangat luas, yang meliputi berbagai aspek, baik kesejahteraan, ekonomi, sosial, politik dan keamanan,  maka kita harus sepakat bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bukan hanya masalah pemerintah, tetapi merupakan masalah yang harus ditanggulangi bersama,"Ucap Dorce.

"Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini tidak hanya di perkotaan tetapi sudah menyebar hingga pelosok desa." Imbuhnya.

Kenaikan angka prevalensi terutama terjadi pada kelompok perempuan di perkotaan dan pedesaan, serta menyasar pada kelompok usia 15-24 tahun dan 50-64 tahun di perkotaan dan pedesaan. 

"Bahkan kecenderungannya, sebagian besar penyalahgunaan justru terjadi di desa, baik dari masyarakat sendiri maupun pemerintah desa tidak luput dari permasalahan narkoba. Pekerja yang berada di desa seperti nelayan, pekerja tambang, pekerja kelapa sawit juga rentan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,"Jelasnya.

Desa-desa yang berada di wilayah penyangga kota, pesisir pantai hingga yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba. Selain itu, adanya program pemerintah yang fokus pada kesejahteraan masyarakat desa sehingga berdampak pada perekonomian desa yang kian meningkat, kini menjadikan desa sebagai potensi bisnis baru bagi para bandar narkoba.

"Maka, diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menanggulangi permasalahan narkoba yakni dengan adanya program desa bersinar (bersih dari narkoba). 

Desa/Kelurahan Bersinar merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Desa/ Kelurahan yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa/kelurahan bersama dengan masyarakatnya,"Imbuhnya.

Program desa/ kelurahan bersinar diharapkan dapat mengubah suatu desa/kelurahan yang berstatus rawan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menjadi Desa/kelurahan yang bersih dari narkoba.

Lebih lanjut "Perlu diketahui bahwa BNNP Kalteng bersama BNN Kota Palangka Raya dan BNN Kabupaten Kotawaringin Barat telah menginisiasi terbentuknya desa/kelurahan bersinar di Provinsi Kalteng sebanyak 21 (dua puluh satu) desa dari tahun 2020-2023."

Pada Tahun 2023 ini, BNNP Kalteng mengembangkan Desa Tanjung Karitak dan Kelurahan Pahandut Sebrang sebagai Desa/kelurahan bersinar. Berbagai Program P4GN mulai dari Program Pencegahan, Pemberdayaan Masyarakat, Rehabilitasi (IBM) dan Pemberantasan telah dilaksanakan di 2 (dua) tempat tersebut.

Dorce Sandah menambahkan,  Desa bersinar akan di kembangkan bukan hanya buat desa desa, sekolah sekolah, mahasiswa dan masyarakat, Ibu rumah tangga, semuanya sudah berjalan dan sudah disosialisasikan, sekolah bersinar bebas narkoba juga, dan ini adalah program nasional BNN, yang sudah berjalan.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa merupakan salah satu upaya untuk menilai sejauh mana pelaksanaan Kegiatan P4GN di Kelurahan/ Desa Bersinar di Tahun 2023 ini, yakni di Desa Tanjung Karitak dan Kelurahan Pahandut Sebrang. Kegiatan ini diharapkan dapat mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dan rencana aksi ke depan untuk mewujudkan Kelurahan/Desa Bersinar.

Kegiatan di hadiri oleh, PJ Walikota Palangka Raya, Kesbangpol Kota Palangka Raya, Dorce Sandah Bidang Rehabilitasi,Lurah tanjung Karitak, Lurah Menteng, Lurah Tumbang Rungan,Lurah Pahandut Seberangdan Unsur Forkompinda.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments