P. Pisau

Tim Bappenas Kunjungi Lokasi Food Estate Pulpis

PULANG PISAU – Sebagai upaya membangun perangkat platform sistem Ketahanan Pangan Nasional (PSN) berbasis korporasi petani dan food estate, serta pembuatan dokumen design induk pembangunan kawasan food estate Nasional (master plan) dengan pendekatan pengembangan kawasan pertanian secara terintegrasi, Direktorat Pangan dan Pertanian (PP) Kementrian PPN, Bappenas melakukan kunjungan lapangan dilokasi food estate Desa Delanti Siam kecamatan Pandih Batu, Sabtu (9/10/2021) kemaren.

Sekteratis Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisai Hendri Arroyo, Senin (11/10/2021) mengatakan kunjungan Tim dari Direktorad Pangan dan Pertanian Kementrian PPN/ Bappenas tersebut dalam rangka pelaksanaan pemutakhiran rencana pengembangan food estate dikabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Hendri juga mengungkapkan bahwa tujuan utama kunjungan lapangan adalah memahami secara langsung lanskap terkini kawasan food estate yang ada di 2 kabupaten, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

”Selain itu melakukan validasi platform sistem ketahanan pangan nasional berbasis korporasi petani dan food estate, serta membangun skenario pengguna dan penggunaannya, baik antar embaga maupun instansi terkait,” ucap Hendri.

Ia juga menyampaikan bahwa output yang diharapkan dari kunjungan ini adalah tersedianya dokumen design Induk pembangunan food estate nasional dengan pendekatan pengembangan kawasan pertanian secara terintegrasi, hulu hilir, menerapkan pertanian presisi dan keberlanjutan aspek sosial, lingkungan, dan keaneakeragaman hayati.

”Dari kunjungan ini diharapkan dokumen design Induk pembangunan Food estate dengan pendekatan pengembangan kawasan pertanian secara terintegrasi, hulu hilir, dan menerapkan pertanian presisi dan keberlanjutan aspek sosial, lingkungan, dan keaneakeragaman hayati,” tutupnya.

(Antang)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments