P. Raya

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Mengenang 7 Pahlawan Revolusi

PALANGKA RAYA - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Dengan Tema " Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju. dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Minggu (1/10/2023).

Upacara dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, Edy Pratowo selaku Inspektur Upacara serta Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol, Uria Nanyu Lujen selaku Komandan Upacara.

Wagub Kalteng, Edy Pratowo mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi.

"Kita mengenang para pahlawan yang telah gugur pada saat peristiwa G30S PKI, kami memaknai bahwa pancasila sebagai pedoman pandangan dasar bernegara dan benteng dalam kehidupan kita," Kata Edy Pratowo usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Menurutnya, lima sila pada Pancasila mengandung nilai nilai yang dapat memperkokoh kebersamaan dan kekompakan rakyat Indonesia. 

"Sehingga Indonesia semakin kuat semakin maju di masa yang akan datang dan mampu bersaing dengan negara negara lain," Pungkasnya.

Istilah G30S/PKI merujuk pada peristiwa pemberontakan PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965. Pemberontakan G30S/PKI menjadi salah satu peristiwa kelam setelah kemerdekaan Indonesia. Peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 itu telah  menyebabkan meninggalnya enam orang jenderal dan satu orang perwira, hingga mereka dinobatkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Upacara di hadiri oleh Wakil guberjur Provinsi Kalteng Edy Pratowo, Kepala Bank Indonesia (BI) Taufik Saleh, Kepala OJK Provinsi Kalteng Otto Fitriandy , Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait serta Pejabat Administrator lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments