P. Raya

Vaksinasi Sasaran Lansia

PALANGKA RAYA - Tim Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menyampaikan Press Release mengenai perkembangan penanganan pandemi Covid-19 sampai dengan hari selasa (1/6/21). Lansia merupakan kelompok rentan karena kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia. Berdasarkan data, ada sekitar 10,7% kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari Lansia. Dan, sebesar 48,3% dari kasus pasien meninggal Covid-19 adalah kelompok Lansia. Hal ini menjadikan Lansia prioritas vaksinasi Covid-19.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng mengatakan penerapan protokol kesehatan menjadi kebiasaan hidup sebagai tuntutan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat telah patuh protokol kesehatan, namun masih saja ada sebagian lainnya yang kurang memiliki kesadaran untuk menerapkan prinsip 5M. Setiap harinya, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalteng selalu bertambah. Orang yang berisiko tinggi adalah mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, seperti hipertensi, diabetes, jantung, asma, hingga gagal ginjal.

Selain itu, orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, berusia lanjut, yakni di atas 60 tahun, dan mereka yang mengalami obesitas atau berat badan berlebihan. Oleh sebab itu, menerapkan perilaku 4M menjadi upaya pencegahan yang sangat penting. Strategi pencegahan Covid-19 oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng Bidang Perubahan Perilaku difokuskan pada peningkatan kepatuhan 4M. Setiap orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku kepatuhan 4M, sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19.

 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments