P. Raya

Yuas Elko Hadiri Gelar Seni Budaya Tahun 2022 

PALANGKA RAYA - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko membuka secara resmi Gelar Seni Budaya Tahun 2022 hari ke dua yang diselenggarakan di Panggung Pertunjukan Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng, Kamis 9 Maret 2022. 

Kepala UPT Taman Budaya Kalteng Suraji dalam laporannya menyampaikan Gelar Seni Budaya ini diselenggarakan dengan maksud sebagai upaya agar para pelaku seni budaya di Kalteng saling beradaptasi, sehingga dapat memudahkan dalam melestarikan seni budaya. Melalui Gelar Seni Budaya ini, kiranya dapat memudahkan pembinaan persahabatan dan memupuk rasa kebersamaan diantara para pelaku seni budaya, dan bersinergi bersama-sama memajukan seni budaya Kalteng.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan dan rasa kegotong-royongan sesama pelaku seni budaya di Kalteng. Outcome yang diharapkan yakni terbinanya peserta Gelar Seni Budaya sebanyak 5 Sanggar/Paguyuban/ Komunitas di Kalteng diantaranya Komunitas “Gema Mihing Manasa”, Sanggar “Gandang Garantung”, Komunitas “Paduan Suara Sola Fide Youth”, “Partungkoan Toba” dan Paguyuban Kuda Lumping “Margo Rukun”.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Hj. Adiah Chandra Sari  usai pagelaran menyebut bahwa kegiatan Gelar Seni ini, telah menumbuhkan optimisme baru di sektor seni pertunjukan.

“Luar biasa penampilan malam ini, seluruh sanggar dan paguyuban telah menunjukkan performance terbaiknya, dan antusiasme dan apresiasi penonton juga luar biasa, selamat datang era kebangkitan seni pertunjukan” tutupnya.

Acara ini dilatarbelakangi mengingat Prov. Kalteng mempunyai beragam unsur seni dan budaya daerah yang sudah berkembang dan harus dilestarikan agar tetap eksis. Jika kreativitas dan aktivitas sudah terbangun, maka akan lahir inovasi dan produktivitas yang menjadi harapan kita dapat melahirkan seniman-seniman besar dengan karya-karya besarnya m, sehingga bisa dikenal di tingkat Nasional maupun internasional. 

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Pejabat Eselon III dan IV, Sub Koordinator serta ASN dilingkup Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng. 


(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments