Kalteng

20 Ribu Paket Bantuan Banjir Disalurkan

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng)  Sugianto Sabran, menyerahkan bantuan secara simbolis, 20.000 paket kebutuhan pokok, kepada para korban banjir di wilayah Kalteng, pada kegiatan yang dilaksanakan di istana isen mulang, Senin (14/9) lalu.

Sugianto Sabran, secara simbolis menyerahkan bantuan dari pemerintah provinsi, kepada para korban terdampak banjir, di beberapa wilayah di Kalteng.

Bantuan tersebut segera ditindaklanjuti oleh dinas teknis dalam hal ini Dinas Sosial dan BPBPK yang langsung bergerak cepat mengirim tim ke daerah untuk mendistribusikan bantuan.

“Bantuan yang diberikan akan diutamakan bagi masyarakat yang berada di kecamatan dan desa, yang sulit dijangkau melalui darat,” kata Sugianto

Untuk sementara, menurut data laporan kabupaten kota ke provinsi, belum ada korban jiwa akibat bencana banjir yang melanda di Kalteng.

Total bantuan yang diberikan adalah 20.000 paket kebutuhan bahan pokok, yang akan dibagikan ke  empat wilayah di Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Dan Kabupaten Lamandau.

Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kalteng Darliansjah, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Samsul dan sejumlah pejabat lainnya.

Bantuan sosial di Kabupaten Lamandau telah tiba pada tanggal 15 September 2020, bantuan berupa 943 paket telah diterima oleh masyarakat terdampak banjir. Sementara di Kabupaten Katingan telah tiba pada tanggal yang sama 15 September, berupa bantuan sebanyak 3.887 paket, juga telah diterima oleh masyarakat terdampak banjir.

Bantuan berikutnya akan berangkat sebagian pada hari Rabu (16/9) Untuk wilayah yang sulit terjangkau tranportasi darat, bantuan akan dibawa dan didistribusikan menggunakan helikopter.Berdasarkan Informasi Pusdalops PB Ada sebanyak 1.867 kepala keluarga (KK) korban banjir di Kabupaten Lamandau dan 7.558 KK korban banjir di Kabupaten Katingan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan terus berupaya membantu menanggulangi banjir sekaligus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang wilayahnya terkena bencana banjir.Sesuai Instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, saat ini telah dibangun posko kesehatan dan dapur umum untuk membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan, serta melayani kebutuhan warga khususnya warga yang mengungsi.

(RAVIONA/MMC/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments