P. Raya

2000 Penonton Saksikan Opera Temanggung Marukuh

PALANGKA RAYA - Pagelaran seni opera temanggung marukuh yang diperankan mahasiswa mahasiswi pbsi upr sukses mencuri perhatian dan sontak membuat malam minggu masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya pecinta seni maupun kaum milenial menjadi spesial untuk mengunjungi kembali panggung seni UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah, Sabtu 28 Mei 2022.

Panggung seni UPT. Taman budaya kalimantan tengah kembali dimeriahkan dengan agenda pagelaran seni opera yang dilaksanakan oleh para mahasiswa mahasiswi dari prodi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Palangka Raya. Disutradarai oleh Arbendi I. Tue dan dr. Misnawati, M.Pd opera temanggung marukuh sukses membuat kurang lebih 2000 penonton atau pengunjung yang menyaksikan secara langsung menjadi kagum dan terpukau.

Berjudul opera temanggung marukuh manusia adalah iblis dan manusia adalah iblis, tentu membuat berbagai kalangan masyarakat di kota palangka raya dibuat penasaran. Terlebih terhadap plot cerita, para pemeran dan juga  hasil eksekusi  secara keseluruhan persiapan yang selama ini mereka  lakukan.

Arbendi I. Tue salah satu sutradara dan penggagas karya ini mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja tidak menayangkan kegiatan ini secara live streaming seperti  umumnya pada era digital masa kini, dengan tujuan untuk membuktikan secara langsung  antusias para penikmat seni menyempatkan dan menyediakan waktu berharga mereka untuk  menghadiri dengan mata kepala sendiri di upt taman budaya kalimantan tengah.

Terbukti  kurang lebih  ada 2000 pengunjung yang memenuhi tribun kanan dan kiri hingga rela berlesehan tepat di depan selasar pangung. Semarak keramaian dari euforia opera temanggung marukuh ini tidak kalah dengan saat penampilan lomba tari tradisional pada saat festival budaya isen mulang tahun 2022 yang lalu.

Kepala UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah Suraji menimbang dengan maraknya jumlah penonton dari setiap pagelaran seni yang dilaksanakan di wilayahnya berharap kepada pihak pemerintah setempat kiranya dapat segera mengulurkan bantuan untuk pemeliharaan fasilitas dan properti yang ada.

Suraji juga mengungkapkan rasa  syukurnya kepada pihak rekotorat univeristas palangka raya yang mempercayakan upt taman budaya sebagai tempat mereka  menunjukan kepada khalayak  luas  potensi akademik dalam bidang seni.

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments