P. Raya

5 Peran Penting Bank Indonesia Dan Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengukuhkan Yuliansah Andrias sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Tengah. Yuliansah Andrias, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, menggantikan Taufik Saleh yang memasuki masa purna tugas setelah memimpin KPwBI Kalimantan Kalteng sejak Mei 2023.

 Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih  Hendarta menyampaikan pergantian pimpinan harus terencana dengan baik untuk bisa melakukan sinergi secara optimal, kepastian tugas perlu didukung kepastian pimpinan.

Filianingsih Hendarta memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan kontribusi Taufik Saleh selama masa jabatannya telah memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng dengan baik.
Pada kesempatan itu juga Filianingsih Hendarta memperkenalkan Yuliansah Andrias yang sudah berpengalaman baik sebagai pimpinan di KPw Bank Indonesia Sibolga, serta di Kantor Pusat Departemen Pengedaran Uang. 

Dalam pergantian pimpinan ini diharapkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng tidak hanya hadir di program nasional, tapi juga  dalam program-program sosial yang dibingkai dalam PSBI termasuk mendorong UMKM, Kepedulian sosial, peningkatan kapasitas SDM. 

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan peran Bank Indonesia sebagai strategic advisor termasuk 5 peran penting di daerah, antara lain (1) pengendalian inflasi, termasuk koordinasi TPID-GNPIP, (2) Pengembangan ekonomi daerah seperti UMKM Go Export dan mendorong hilirisasi Kalimantan Tengah, (3) Akselerasi di bidang keuangan, bekerjasama dengan perbankan dan pemda melalui QRIS dan BIFAST, (4) Penyediaan uang Rupiah berkualitas, serta Penyiapan SDM dan manajemen intern yang akuntabel

Deputi Bank Indonesia Filianingsih Hendarta turut menyoroti prestasi pembayaran digital yang menggembirakan di Provinsi Kalimantan Tengah. Merujuk pada data September 2024 jumlah transaksi pedagang QRIS telah mencapai lebih dari 30 ribu merchant dan pengguna QRIS lebih dr 350 ribu. Selain itu, dalam bidang pencapaian elektronifikasi wilayah IETPD, seluruh pemda telah mendapatkan predikat "digital"

Acara pengukuhan dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah M. Katma F. Dirun, Forkopimda, Pj. Walikota Palangka Raya Ibu Hera Nugrahayu, pimpinan perbankan, serta perwakilan asosiasi dan lembaga masyarakat. M. Katma F. Dirun, yang mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin selama masa kepemimpinan Taufik Saleh dan menyambut baik kehadiran Yuliansah Andrias.

Ia berharap kolaborasi yang telah dibangun dapat berlanjut untuk mendukung keberhasilan program-program pembangunan, memajukan perekonomian, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments