P. Raya

Ahmad Toyib Himbau Tidak Melakukan Pembakaran Lahan

PALANGKA RAYA – Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, tanggal 2 Juni 2023 mengeluarkan Data Peringatan Dini Tingkat Kemudahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Berdasarkan Data Fine Fuel Moisture Code (FFMC) menunjukkan tingkat potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari parameter cuaca pada bahan-bahan ringan mudah terbakar di lapisan atas permukaan tanah. Tingkat kekeringan tersebut membuat bahan-bahan ringan seperti humus permukaan, sampah dedaunan kering, dan alang-alang akan sangat mudah terbakar, serta lapisan gambut yang biasanya menutupi tanah pada kedalaman 1-2 cm dalam kondisi sangat kering juga sangat mudah terbakar,“ ucap Plt. Kalaksa BPBPK Prov. Kalteng Ahmad Toyib.

Ahmad Toyib menuturkan bahwa dalam beberapa minggu terakhir, cuaca di wilayah Kalteng cenderung panas. Hal ini menjadi salah satu penyebab munculnya karhutla.

Ia menekankan agar masyarakat mewaspadai potensi kemudahan terjadinya karhutla di wilayah Kalimantan Tengah. Masyarakat diminta agar saat ini tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments