P. Raya

Anna Agustina Elsye Perlu Pendidikan Mitigasi Bencana Sejak Dini

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Palangka Raya Anna Agustina Elsye berharap pemerintah menggencarkan pendidikan sejak dini tentang upaya mitigasi bencana. Misalnya upaya mencegah banjir serta mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Sejak dini diajarkan melalui sekolah atau juga dengan metode edukasi lain yang sasaran utamanya adalah anak-anak hingga remaja, apalagi daerah kita rawan bencana banjir dan Karhutla," katanya, Jumat 24 Februari 2023

Menurutnya, sekolah sebagai institusi pendidikan seharusnya tidak hanya memberikan transfer of knowledge saja, namun juga harus mampu memberikan kecakapan dan keterampilan untuk kelangsungan hidup bagi siswa ketika sudah terjun di masyarakat.

Mitigasi bencana merupakan bagian dari keterampilan untuk kelangsungan hidup siswa. Siswa merupakan orang yang paling cepat mentransfer ilmu yang didapat dari sekolah untuk keluarga dan masyarakatnya. Sehingga ketika terjadi bencana, siswa, guru dan masyarakat tidak lagi kebingungan, panik, karena telah memahami bagaimana cara mengurangi risiko bencana.

Tentunya dalam hal ini sangat diperlukan media yang tepat untuk menanamkan mitigasi bencana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penanaman mitigasi bencana sejak dini di sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan cerita bergambar, latihan simulasi ringan, maupun menyisipkan materi mitigasi bencana ke dalam materi pelajaran yang sesuai.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments