P. Raya

Antisipasi  Banjir di lokasi TPS

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Provinsi Kalteng Sastriadi mengatakan, untuk mengantisipasi, di  lokasi TPS, KPU sudah menyampaikan ke seluruh jajaran agar membuat skema alternatif utk mencegah adanya bencana secara tiba tiba, ucapnya Senin 22 Januari 2024.

Lokasi TPS yg ada saat ini tidaklah kaku, tapi bisa saja bergeser ke tempat yg lebih aman sepanjang berada dalam lingkup area wilayah TPS tersebut. Utk skema antisipasi pasti sudah ada dan dirancang jauh jauh hari, sudah ada SOP berupa Juknis yang selama ini sudah dijalankan dan menjadi panduan KPU KabKo dlm bekerja.

"Misalkan saja dari cara packing logistik yg mana sebelum dimasukan dalam  kotak suara terlebih dahulu dimasukan dalam plastik pembungkus, kemudian kotak suara yang sudah ada logistik di dalamnya tersebut, dibungkus lagi dengan  plastik ukuran besar, sehingga jika kena air atau jatuh ke air akan mengapung dan air tidak akan masuk ke dalam kotak dan merusak logistik,"Jelasnya.

Di samping itu, untuk akomodasi transportasi juga harus dilengkapi dengan alat pelindung utk antisipasi jika terjadi hujan. Meskipun demikian, dalam  melakukan bongkar muat pada saat distribusi petugas harus tetap mengutamakan kehati-hatian agar tidak merusak logistik teesebut.

Sejauh ini logistik dalam kondisi aman. Monitoring dan supervisi serta koordinasi semua jajaran secara terus menerus dilakukan agar setiap detil perkembangan di lapangan bisa terpantau.

“Untuk masalah kondisi cuaca saat ini memang sudah diperkirakan sebelumnya, sehingga KPU RI telah menerapkan SOP melalu Juknis yang diterbitkan sudah mencakup bagaimana tata kelola logistik yg aman dan tidak beresiko terhadap terjadinya kerusakan,"imbuhnya.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments