P. Raya

Anugrah Dan Lomba Destinasi Wisata Tingkat Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA - Kegiatan Malam Anugerah Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023, dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Senin (25/9/2023) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng  Adiah Chandra Sari membuka secara resmi kegiatan dan dalam sambutannya menyampaikan, keberhasilan pembangunan pariwisata salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pembangunan sumber daya manusianya.

“Oleh karena itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng  melalui Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan melaksanakan Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalteng  Tahun 2023”, Ucap Adiah.

“Diselenggarakannya Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalteng  Tahun 2023 ini salah satu langkah pemerintah mempromosikan Pariwisata Kalteng  dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa serta untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia serta untuk mengenali dan memetakan potensi yang ada di desa untuk dikembangkan kunjungan wisatawan mancanegara dan Wisatawan Nusantara, selain itu juga dengan diadakannya kompetisi ini industri Pariwisata di Kalimantan Tengah kembali bangkit, sebab pandemi Covid-19 sangat berdampak ke industri pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah,” imbuhnya. 

Ia berharap melalui Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023 dapat menjadi tonggak awal pembangunan industri pariwisata melalui desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat yang ada di desa agar berperan aktif membangun potensi unggulan yang ada di desa.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adi Riswandi dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mempromosikan Desa Wisata di Provinsi Kalteng sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata baik dalam maupun di luar negeri. 

Selain itu, mengangkat keanekaragaman potensi unggulan desa di Indonesia sebagai salah satu elemen penting dalam mendukung percepatan pengembangan desa wisata serta meningkatkan inovasi dan kreatifitas desa dalam memanfaatkan potensi sumber daya guna mewujudkan desa wisata yang berdaya saing sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kategori atau materi dalam mengikuti Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalimantan tengah tahun 2023 ini terdiri dari enam kategori yang harus diikuti desa untuk memenuhi syarat dalam mengikuti lomba ini yaitu kategori Daya Tarik Pengunjung, kategori Homestay (Penginapan), Kategori Souvenir (Cinderamata), kategori Toilet Umum, kategori Kelembagaan dan Pengelolaan Desa serta kategori Digital dan Konten Kreatif.

Peserta lomba berasal dari 14 desa dari sembilan kabupaten dan satu kota yaitu Desa Upon Batu Kabupaten Gunung Mas, Desa Saruhung  kabupaten Murung Raya, Desa Wayun Kabupaten Barito Selatan, Desa Sanggu Kabupaten Barito Selatan, Desa Pulau Patai Kabupaten Barito Timur, Desa Bukit Bamba Kabupaten Pulang Pisau, Desa Parahangan Kabupaten Pulang Pisau, Desa Sei Gohong Kota Palangka Raya, Desa Bagendang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, Desa Ujung Pandaran kabupaten Kotawaringin Timur, Desa Sungai Bakau kabupaten Kotawaringin Barat, Desa Jamuat Kabupaten Lamandau, Desa Sumber Mulya Kabupaten Lamandau dan Desa Jihing Kabupaten Sukamara.

Pada Malam Anugerah Lomba Desa Wisata tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 diumumkan juara lomba yakni untuk Peringkat I diraih Desa Sanggu Kabupaten Barito Selatan, Peringkat II diraih Desa Sumber Mulya Kabupaten Lamandau, Peringkat III diraih Desa Wayun Kabupaten Barito Selatan, Peringkat IV diraih Desa Jihing Kabupaten Sukamara dan Peringkat V diraih Desa Sei Gohong Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Kepala Dinas pariwisata seluruh Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Kepala Desa/ Lurah dari 14 desa/ Kelurahan yang mengikuti Lomba Desa Wisata, Para Dewan Juri serta peserta Lomba Desa Wisata Provinsi  Kalteng Tahun 2023.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments