P. Raya

Apel Besar Lingkup Pemprov Kalteng dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo pimpin Apel Besar Lingkup Pemprov Kalteng, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 26 April 2023.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan pada peringatan hari Otonomi Daerah ini, ada baiknya mengingat kembali pemahaman mengenai Otonomi Daerah, dimana Otonomi Daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan tujuan untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal.

“Hal ini dilakukan dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan”, tutur Edy.

Edy mengutarakan, berkenaan dengan hal tersebut, maka perlu memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut yakni pertama, peran desentralisasi fiskal dalam otonomi daerah seharusnya lebih dimaksimalkan, sehingga daerah dapat melakukan fungsinya secara efektif dan efisien yang didukung dengan sumber-sumber keuangan yang memadai, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing-masing wilayah yang mendorong perkembangan wilayahnya. Kedua, evaluasi sebagai control pemanfaatan potensi daerah baik berupa komoditas unggulan, pajak, retribusi, serta sumberdaya yang dimiliki agar pemanfaatanya dapat optimal sebagai sumber pendapatan daerah.

Ketiga, pemberian dukungan pada pengembangan ekonomi lokal baik berupa modal, fasilitas, dan kebijakan yang mendukung serta pembekalan keterampilan bagi masyarakat, guna meningkatkan pendapatan daerah serta mendorong kemandirian daerah agar tidak hanya bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. Keempat, perlunya dilakukan perancangan strategi pengalokasian dana transfer dan belanja daerah secara efektif dan efisien agar penggunaan sumber dana bukan hanya untuk pengeluaran rutin, namun lebih ditekankan pada pengeluaran pembangunan dan modal.

Kelima, pembangunan tidak hanya ditekankan pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi tetapi harus memperhatikan pembangunan manusia di dalamnya, sehingga kualitas hidup masyarakat lebih terjamin dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan, Kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan dengan mulai aktif bekerja semua  ASN bisa bekerja dengan baik dan melayani tugas Negara dan tugas masyarakat. Pada kesempatan ini, Wagub menekankan untuk tidak menambah cuti atau libur.

“Inikan beda di Pulau Jawa, di daerah-daerah luar Pulau Jawa tingkat kepadatannya agak kurang sehingga hari ini kita sebagai pelayan masyarakat sudah selayaknya harus melaksanakan tugas kembali”, pungkasnya.

Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, Asisten dan Staf Ahli Gubernur Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah di Lingkungan Prov. Kalteng serta seluruh ASN dan Tenaga Kontrak di Lingkungan Pemprov Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments