Kalteng

Arus Balik Mudik Lebaran Menggunakan Kapal Laut Berjalan Normal

PANGKALAN BUN - Ribuan penumpang arus balik mudik lebaran, yang sudah terangkut dengan, menggunakan kapal laut dari pelabuhan, tanjung mas semarang, dan pelabuhan, tanjung perak surabaya, menuju pelabuhan panglima utar kumai, yang diangkut, kapal milik PT darma lautan utama, dan PT pelni berjalan normal.

Hari minggu 15/5/2022 kemarin, merupakan puncak arus balik lebaran tahun 2022. Penumpang yang turun dari km. Lawit, milik PT.pelni dari semarang membeludak. Bahkan kemacetan sempat terjadi di depan, pintu gerbang yang biasa digunakan, untuk keluar penumpang di pelabuhan panglima utar kumai. Kemacetan terjadi, dikarenakan kedatangan kapal PT. Pelni km. Lawit, yang menurunkan penumpang dari pelabuhan tanjung emas semarang.

Arus balik mudik lebaran angkutan laut tahun 2022 di pelabuhan panglima utar, kumai Kabupaten Kotawaringin Barat masih terus terjadi hingga saat ini. Kapal milik, PT. Pelni pasca lebaran idul fitri,telah mengangkut sebanyak 6.000 penumpang yang turun di pelabuhan panglima utar kumai.

Dari 6 kapal milik PT. Pelni yang melayani pemudik  3 diantaranya merupakan kapal tambahan yang telah mengangkut pemudik dari pelabuhan panglima utar kumai dengan tujuan pelabuhan tanjung emas semarang dan tanjung perak surabaya sebanyak 8.500 orang pemudik. Sedangkan pemudik yang sampai hari ini belum kembali melalui pelabuhan panglima utar kumai diperkirakan masih ada sekitar 2.500 orang.

Dari data yang ada serta hasil pantauan di lapangan pada hari minggu 15/5/2022 yang  merupakan puncak arus balik kapal km. Lawit milik PT. Pelni menurunkan sebanyak 1.100 penumpang yang berasal dari pelabuhan tanjung emas semarang dan sampai hari ini aktivitas angkutan kapal laut di pelabuhan panglima utar kumai kabupaten  kotawaringin barat masih tetap berjalan normal.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments